Dua Kali Beraksi, Pemalak Pedagang Berkedok Sumbangan Ogoh-ogoh Ditahan

Pelaku pemalakan diamankan polisi. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Polisi menangkap pria bernama I Ketut Suandita (27), pelaku pemalakan terhadap pengusaha laundry di Jalan A Yani Utara, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara.

“Pelaku meminta uang Rp150 dengan modus untuk sumbangan ogoh-ogoh,” terang Kasi Humas Polresta Denpasar AKP Ketut Sukadi, Selasa (24/1/2023) di Denpasar.

Terbongkarnya perbuatan pelaku bermula dari kedatangan pecalang dari Banjar Dadakan ke tempat laundry untuk mengambil uang sumbangan, Selasa (10/1/2023) sekitar pukul 12.00 Wita.

Oleh pegawai di TKP, dikatakan uang sumbangan sudah diambil seseorang bernama Eka Yana. Hal itu ia buktikan dengan menunjukan rekaman CCTV kepada pecalang Banjar Dadakan.

“Karena pecalang mengaku tidak mengenalinya, kejadian tersebut tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Denpasar Utara,” tutur Kasi Humas.

Kasus pemalakan dengan modus minta uang sumbangan untuk ogoh-ogoh juga viral di media sosial (Medsos). Di sana juga terlihat jelas wajah pelaku saat ia menjalankan aksinya.

Dua pekan berselang, pelaku diamankan petugas kepolisian saat ia berada di rumahnya di wilayah Banjar Bangkitkan Mas, Desa Mas, Ubud, Gianyar, Minggu (22/1/2023).

Kasi Humas mengatakan, dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku telah dua kali beraksi. Selain di wilayah Denpasar Utara, ia juga memalak pedagang di seputaran Denpasar Timur.

“Pelaku dikenakan tindak pidana ringan (Tipiring) karena kerugiannya sedikit. Namun demikian, pelaku sempat dilakukan penahanan selama 24 jam,” ujar Kasi Humas. (agw)

BACA JUGA:  Diduga Tertipu, Perusahaan Budidaya Lobster di Denpasar Alami Kerugian Ratusan Juta Rupiah