Vaksinasi Booster Ke-2 bagi Masyarakat Bali Digelar Mulai 24 Januari 2023

Kadiskes Bali I Nyoman Gede Anom. (Foto : Ist)

Beritabalionline.com – Dinas Kesehatan Provinsi Bali akan melaksanakan vaksinasi covid-19 dosis booster ke-2 kepada seluruh masyarakat Bali. Pelaksanaan vaksinasi ini mempertimbangkan dari data dan situasi epidemologi kasus covid-19 dan munculnya varian baru covid-19 sehingga perlu adanya percepatan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di tahun 2023 baik vaksinasi primer maupun booster.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dr. dr. I Nyoman Gede Anom, M.Kes dalam konferensi persnya Kamis (19/1/2023) lalu. Dia menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi booster ke-2 bagi masyarakat umum ini merupakan hasil rekomendasi Komite Ahli Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) tanggal 24 November 2022 mengenai update kajian vaksinasi covid-19 dosis booster ke-2 bagi masyarakat umum.

“Mulai 24 Januari 2023 Pemerintah Provinsi Bali akan memberikan vaksinasi covid-19 dosis booster ke-2 bagi masyarakat Bali khususnya yang berumur 18 tahun ke atas,” ungkap Nyoman Gede Anom. Ia juga menyampaikan, vaksin yang digunakan dalam vaksinasi dosis booster ke-2 adalah vaksin covid-19 yang telah mendapat persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM serta memperhatikan kesediaan vaksin yang ada.

Terkait regimen vaksinasi covid-19 dosis booster ke-2 untuk masyarakat umum termasuk SDM kesehatan dan lansia, Nyoman Gede Anom mengatakan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali sepenuhnya akan mengacu pada Surat Edaran Kemenkes No. HK.02.02/C/380/2023 tentang vaksinasi covid-19 dosis booster ke-2 bagi masyarakat umum tanggal 20 Januari 2023.

Ia juga menjelaskan, pemberian vaksinasi covid-19 dosis booster ke-2 hanya dapat diberikan kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi booster ke-1 dengan interval 6 (enam) bulan sejak vaksinasi diberikan. Terkait lokasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis booster ke-2 bagi masyarakat Bali selain akan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali melalui pos pelayanan vaksinasi covid-19, juga akan disiapkan oleh Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten/Kota di Bali. (sar)

BACA JUGA:  Ayah Jerinx Tegaskan Tetap Dukung Sikap Kritis Anaknya, Setelah Bebas akan "Melukat"