BNPB Bantah Kabar Letusan Gunung Semeru Sebabkan Tsunami

Gunung Semeru saat erupsi. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Beredar kabar letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur membangkitkan tsunami hingga ke negara Jepang. Kabar tersebut dibantah oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Ada beberapa alasan kenapa berita tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Senin (5/12/2022) melalui siaran pers tertulis.

Menurutnya, hal itu dikarenakan Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut, sehingga potensi letusan/ pyroclastic/ partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami. 

Kemudian posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa. Jika pun terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkin tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia. 

“Berdasarkan analisa tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang dapat dipastikan tidak tepat,” tegasnya.

BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mempercayai kabar yang berasal dari lembaga yang berwenang di Indonesia, baik itu dari BNPB, BMKG, PVMBG, BPBD dan lembaga-lembaga yang dimandatkan oleh pemerintah. (agw)

BACA JUGA:  Polri Sebut Teroris JI Kucurkan Dana Rp65 Juta per Bulan untuk Biaya Operasional