Asosiasi UMKM Sumut Ingin Bawa Pariwisata Gianyar ke Sumatera Utara

Study balasan Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Utara, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, dan Fakultas Pertanian Agribisnis Universitas Sumatera Utara ke Gianyar. (foto: ist)

Beritabalionline.com -Menindaklanjuti kunjungan Studi Komparatif dari BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Se-Kabupaten Gianyar ke Sumatera Utara beberapa waktu lalu, Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Utara, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, dan Fakultas Pertanian Agribisnis Universitas Sumatera Utara melaksanakan kunjungan Study Balasan ke Kabupaten Gianyar.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra di Ruang Rapat Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Jumat (2/12/2022).

Ketua Asosiasi UMKM Sumatera Utara, Ujiana Sianturi mengatakan dilakukannya studi balasan ini guna meningkatkan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan Provinsi Sumatera Utara terkait dengan pengadaan bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi yang mempunyai rasa khas serta sudah mendapatkan pengakuan dari Kementerian.

Selain itu, dirinya sangat tertarik dengan UMKM khususnya di Gianyar yang bisa mengangkat pariwisata sedangkan di Danau Toba, Sumatera Utara belum bisa.

Oleh karena itu dirinya tertarik membawa pariwisata Bali guna dapat diterapkan di Danau Toba. “Kita akan membawa pariwisata Gianyar dan Bali untuk hadiah ke Sumatera Utara,” ujar Ujiana Sianturi.

Bahkan untuk mensukseskan hal tersebut, dirinya juga menggandeng Kampus OTC Bali. Sementara itu, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar mengatakan sebagai World Craft City (kota kerajinan dunia), bumi seni Gianyar banyak memiliki kerajinan serta memiliki banyak asosiasi di bawah naungan Dekranasda Gianyar.

Sehingga banyak program inovatif yang bisa dikolaborasikan dan dikembangkan guna mendukung pariwisata.

“Kita berkolaborasi dengan PKK pada UP2K, Dekranasda pada seni kriyanya, dan TKM (Tenaga Kerja Mandiri) nya ada di Disnaker,” tegasnya.

BACA JUGA:  Wagub Cok Ace Hadiri Sertijab dan Pisah Sambut Kakanwil Kemenkumham Bali

Selain dikenal sebagai kota kerajinan, Gianyar juga sangat terkenal dengan objek wisata yang didukung dengan desa wisata. Salah satunya Tirta Empul, Gunung Kawi, Istana Presiden.

“Ikon-ikon itu sudah dikenal dunia,” sebutnya. Usai diterima di Ruang Rapat Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, rombongan Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Utara, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, dan Fakultas Pertanian Agribisnis Universitas Sumatera Utara yang dipimpin Ujiana Sianturi kemudian melanjutkan kunjungan ke Puspa Aman Desa Buruan, Kelompok Tenun Putri Ayu, dan Puspa Aman Kabupaten Gianyar di Desa Sidan.(yaw)