Wagub Cok Ace Ajak Generasi Milenial Tiru Keteladanan Pejuang Kemerdekaan

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati saat memimpin upacara peringatan Puputan Margarana ke-76 Tahun 2022 di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati memimpin upacara peringatan Puputan Margarana ke-76 Tahun 2022 di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, Minggu (20/11/2022).

Sejarah bangsa Indonesia mencatat, Puputan Margarana merupakan suatu peristiwa heroik dari pasukan Ciung Wanara bersama-sama rakyat yang dipimpin Letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dari penjajah.

Puputan memiliki makna pengorbanan dalam peperangan untuk membela kebenaran, keadilan, mempertahankan harkat dan martabat. Serta kedaulatan bangsa, merupakan perjuangan secara ikhlas, terhormat dan bukan pengorbanan yang sia-sia.

Ditambahkannya, sebagai penghargaan atas hal itu, memperingati peristiwa Puputan Margarana setiap tahun. Upacara peringatan ini bukan hanya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan yang dinikmati, tetapi sekaligus sebagai refleksi terhadap jati diri sebagai bangsa bermartabat yang dilahirkan para pejuang.

“Sejalan dengan hal tersebut, maka sangatlah tepat tema yang diangkat dalam peringatan saat ini adalah Mengimplementasikan nilai-nilai Puputan Margarana menuju Bali unggul, yakni berjuang melawan kemalasan dan kebodohan,” tegas Wagub yang dikenal dengan nama Cok Ace. Banyak hal yang dapat diteladani dari peristiwa sejarah masa lalu, salah satunya adalah kebersamaan dalam berbagai perbedaan.

“Kita boleh berbeda dalam tugas dan fungsi masing-masing, namun hendaknya bersama-sama dalam mewujudkan kesejahteraan sosial,” imbuh Wagub Cok Ace.

Lebih lanjut disampaikannya, bercermin dari konsep nilai perjuangan masa lalu yang diadaptasikan dengan konsep-konsep pembangunan pada masa sekarang ini. Maka melalui momentum peringatan Puputan Margarana ke-76 Tahun 2022 ini, Wagub Cok Ace mengajak seluruh krama Bali untuk terus memupuk dan meningkatkan rasa solidaritas sosial.
Peringatan Puputan Margarana juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Bali, Wakil Bupati Tabanan dan segenap unsur terkait.

BACA JUGA:  Seleksi CPNS 2019 Kembali Dilanjutkan setelah Terhenti Akibat Pandemi Corona

Turut dilakukan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di pusara pejuang kemerdekaan, sekaligus dilengkapi dengan penandatanganan Surat Sakti dan Panji-Panji Perjuangan I Gusti Ngurah Rai.(kan)