Foto Sambil Salto, Wisatawan Domestik Jatuh di Tebing Broken Beach, Nusa Penida

Evakuasi wisatawan terjatuh di tebing
Broken Beach, Nusa Penida. (FOTO : ist)
Beritabalionline.com – Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang wisatawan bernama Alvalindo Kesanda, yang sebelumnya terjatuh di tebing Broken Beach, Nusa Penida.
“Korban diduga mengalami patah tulang kaki,” terang Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, Senin (21/11/2022) di Denpasar.
Peristiwa bermula ketika wisatawan domestik ini sedang berfoto sembari sembari salto sekitar pukul 09.00 Wita. Naas, ia justru terjatuh ke bawah tebing dengan kedalaman sekitar 40 meter.
Upaya tim SAR memberi pertolongan sempat mengalami kendala karena evakuasi melalui jalur laut tidak bisa dilakukan lantaran terkendala ombak besar.
“Tim dari Unit Siaga SAR Nusa Penida sudah berupaya menuju lokasi menggunakan RIB namun tidak bisa mengakses posisi korban, karena satu-satunya jalan terhalangi ombak,” jelasnya.
Di sisi lain, personel yang diturunkan melalui darat juga kesulitan karena di antara tebing tempat korban jatuh ditumbuhi banyak semak-semak. Sehingga tim SAR turun secara bergantian.
“Awalnya satu personel diturunkan, selanjutnya menyusul satu personel dengan membawa tandu,” tuturnya.
Di sana tim SAR lalu memberi penanganan awal untuk mengurangi pendarahan di kaki dan tangan korban. Setelah itu korban yang belum diketahui alamat asalnya ini ditarik ke atas dengan menggunakan tandu.
“Sesampainya di atas, korban segera dievakuasi ke Klinik Nusa Penida untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut,” terang Darmada. (agw)
BACA JUGA:  Bupati Tabanan Pastikan Pembangunan Infrastruktur Berjalan Baik