Jatuh saat Mendaki Gunung Agung, Wisatawan Asal Amerika Meninggal

Evakuasi jenazah wisatawan asal Amerika Serikat oleh tim SAR gabungan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Seorang warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat, Kevin (51) dilaporkan meninggal dunia karena terpeleset saat mendaki Gunung Agung, Karangasem.

“Korban mengalami cidera di bagian kepala, kaki dan pinggang,” terang Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, Sabtu (19/11/2022) di Denpasar.

Sebelum peristiwa naas terjadi, korban bersama rombongan berangkat naik dari Pos Pendakian Pengubengan Besakih, Kamis (17/11/2022) sekitar pukul 23.00 Wita.

Ketika berada di ketinggian kurang lebih 2.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), ia terpeleset. Korban sempat mendapatkan penanganan awal dari salah satu wisatawan mancanegara yang ikut pendakian.

Namun nyawa korban tak terselematkan, Jumat (18/11/2022) sekitar pukul 14.00 Wita. Basarnas Bali yang menerima laporan mengerahkan 7 orang personel dari Pos SAR Karangasem.

Dalam pencarian, Search and Rescue Unit (SRU) 1 yang merupakan pemandu lokal bergerak lebih awal menuju lokasi korban, disusul SRU 2 dan SRU.

Mereka lalu berkoordinasi dengan SRU 3 yang membawa jenazah korban turun dari ketinggian 2.350 mdpl, untuk dievakuasi ke Posko Pengubengan.

“Tim SAR gabungan beserta jenazah korban tiba di Posko Pengubengan dini hari tadi sekitar pukul 00.15 Wita. Selanjutnya jenazah korban dibawa ke Puskesmas Rendang,” jelas Darmada. (agw)

BACA JUGA:  APBD Klungkung 2021 Fokus Kepada Pemulihan Ekonomi