Rusak Citra Pariwisata Bali, Desa Adat Kuta Minta MC Bodong Diberangus

Petugas Desa Adat Kuta sidak money changer bodong. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Sidak money changer (MC) atau tempat penukaran uang tak berizin di wilayah Kuta, Badung bocor. Kendati demikian, petugas gabungan masih mampu menyegel 17 money changer bodong.

“Informasi sidak telah bocor sehingga banyak money changer yang tutup beroperasi. Saya curiga mungkin ada orang yang membocorkan,” kata Bendesa Adat Kuta I Wayan Wasista, Jumat (5/8/2022) di Badung.

Wasista menegaskan bahwa pihaknya tidak main-main dengan adanya money changer bodong. Karena menurutnya, hal itu telah merusak citra pariwisata Bali, khususnya pariwisata di Kuta.

“Sekarang kita tidak mau main-main lagi. Mereka merusak pariwisata, tempat saya lahir dan tempat saya cari makan. Kalau ini didiamkan, wisatawan tidak akan kembali lagi ke Kuta,” ujarnya geram.

Dirinya menyebut bahwa money changer di Kuta ada ratusan, dan dia yakin banyak dari mereka yang tidak berizin.

“Yang terpenting sekarang dari pihak kepolisian. Kami minta Polda Bali turun ke Kuta karena di Kuta money changer bodong sangat marak,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya juga sudah memiliki data terkait money changer yang melakukan penipuan dengan modus mengurangi uang wisatawan saat ditukar.

Ia lantas menegaskan bahwa tidak pernah melarang orang untuk membuat usaha di Kuta. Tapi dengan catatan taat kepada aturan, seperti money changer harus ada izin dari Bank Indonesia (BI).

“Kita, tidak pernah melarang orang berusaha di Kuta. Saya tegaskan, saya tidak melarang money changer untuk beroperasi di Kuta tapi ikuti aturan dari BI. Mereka, harus melengkapi izin kalau tidak melengkapi izin ini yang bermasalah,” ucapnya. (agw)

BACA JUGA:  WN Australia Tersangka Narkoba Dijebloskan ke Rutan Polda Bali