Jelang G20, Polda Bali Rangkul Ormas Buldog Jaga Kamtibmas

Direktorat Intelkam Polda Bali silaturahmi dengan Keluarga Besar Suka Duka Buldog. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kepolisian Daerah (Polda) Bali melalui Direktorat Intelkam melakukan silaturahmi dengan Ketua Umum dan anggota Keluarga Besar Suka Duka Buleleng Dogen (Buldog).

“Kami sangat salut karena dalam catatan kriminal tidak ada nama anggota Buldog,” kata Direktur Intelkam Polda Bali dalam sambutan yang diwakili Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali, AKBP I Wayan Sumara, Kamis (4/8/2022) di Duta Orchid Garden, Kertalangu, Denpasar.

AKBP Wayan Sumara menerangkan silaturahmi ini diselenggarakan hanya bertujuan untuk menjaga keamanan dalam rangka Presidensi G20.

“Kebangkitan pariwisata Bali perlu didukung oleh semua kalangan yang salah satunya adalah dari Buldog,” ujarnya di hadapan 52 anggota Buldog.

Ditambahkan, kedepan Indonesia akan menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024. Sehingga pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat termasuk Keluarga Besar Buldog bersama-sama menjaga keamanan Bali.

Direktur Binmas Polda Bali yang diwakili Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Kompol Anwar Sasmito yang turut menjadi narasumber dalam pertemuan mengatakan, tugas utama Polri adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Menurutnya, saat ini sudah memasuk keterbukaan publik, oleh karena itu masyarakat bebas melaporkan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara Ketua Umum Buldog I Made Sukadarma menyatakan jika pihaknya membentuk organisasi masyarakat bukan untuk membedakan kelompok, namun hanya semata-mata membentuk kebersamaan sesama orang Buleleng.

“Anggota Buldog saat ini adalah 7.000 orang, latar belakang anggota Buldog memiliki berbagai profesi antara lain ASN dan lebih didominasi oleh anggota yang bekerja di bidang pariwisata,” jelasnya.

Ia menjelaskan, organisasi Buldog bergerak untuk kegiatan sosial karena menyadari bahwa orang Buleleng tidak semuanya memiliki kehidupan yang layak dan masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan.

BACA JUGA:  Kepada PBB, Pemprov Bali Sampaikan Covid-19 Mulai Terkendali

“Sehingga dilakukan kegiatan sosial, contohnya kami pernah memberikan bantuan beras kepada masyarakat Buleleng,” ujarnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Polri karena telah memberikan ruang dalam menjalin sinergitas yang bertujuan membantu, khususnya Polda Bali menjaga keamanan di Wilayah Bali.

“Kami keluarga besar Buldog siap bersinergi dengan Polda Bali dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, Presidensi G20 serta menjaga kondusifitas tahapan Pemilu 2024,” tuturnya. (agw)