Cegah Hepatitis Akut Jadi Program Prioritas TP PKK Kota Denpasar

Peserta Rakerda PKK Kota Denpasar di Gedung Sewaka Dharma Lumintang. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Dalam menyelaraskan program dari Tim Penggerak (TP) PKK Pusat, TP PKK Kota Denpasar menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Gedung Sewaka Dharma Lumintang, Kamis (12/5/2022).

Terdapat tiga program strategis yang diprioritaskan pemerintah dalam Rakerda yakni penanganan Covid-19, pencegahan stunting dan pencegahan Hepatitis Akut Anak.

Hadir Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Istri Wakil Wali Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dengan 10 program pokok PKK merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

Kegiatan pemberdayaan keluarga adalah upaya bimbingan dan pembinaan terhadap anggota keluarga dalam meningkatkan kemampuan keluarga untuk hidup sehat sejahtera lahir dan batin.

Sehingga, gerakan PKK diharapkan dapat menumbuh kembangkan sikap dan perilaku kemandirian, pribadi, keluarga dan masyarakat agar selalu memiliki kesiapan dan landasan kuat dalam menghadapi berbagai perubahan seiring perkembangan zaman.

Lebih lanjut Ny Sagung Antari Jaya Negara menerangkan, untuk mengimplementasikan 10 program pokok PKK Kota Denpasar tersebut, TP PKK bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar terlebih lagi di masa pandemi Covid-19.

Sementara Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kota Denpasar karena telah membantu Pemkot Denpasar dengan melaksanakan berbagai program mulai tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan tingkat kota maupun provinsi.

Jaya Negara menjelasan, ada tiga program strategis yang diprioritaskan pemerintah. Yakni, pertama penanganan Covid-19. Kedua, pencegahan stunting untuk di Kota Denpasar angka Stunting di bawah nasional.

BACA JUGA:  Terpisah dari Rombongan, 6 Pendaki Tersesat di Puncak Adeng, Tabanan

“Untuk itu saya harapkan dalam Rakerda ini bisa dibahas bagaimana meningkatkan pemberian gizi bagi ibu hamil di setiap Posyandu Paripurna, agar bisa menekan angka stunting,” harap Jaya Negara.

Sedangkan untuk ketiga yang menjadi prioritas adalah Hepatitis Akut Anak. Dimana pihaknya meminta agar seluruh komponen bekerjasama untuk melakukan pencehahan. Bahkan, masyarakat diimbau memberikan informasi jika ada yang terjangkit atau memiliki gejala terkai hepatitis akut dapat langsung ke kepala desa, lurah, camat maupun ke Puskesmas terdekat. (tik/itn)