Tahun 2024, Bali Targetkan Turunkan Angka Stunting 6,15 Persen

Siswa SD dan TK mencoba susu bantuan dari Fourmi Foundation. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Indonesia tercatat sebagai negara dengan tingkat stunting yang cukup tinggi yakni mencapai 24,4 persen. Pemerintah menentukan prevalensi stunting di Indonesia turun menjadi 14 persen di tahun 2024.

“Bali sendiri memiliki target menurunkan angka stunting hingga 6,15 persen untuk tahun 2024, dari 10,9 persen di tahun 2021,” ucap Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem/163 Cabang VII Udayana, Helmy Choirul Anam saat menerima bantuan dari Fourmi Foundation, Senin (9/5/2022) di Denpasar.

Dikatakan, untuk menurunkan angka stunting guna mewujudkan generasi yang berkualitas, harus melalui pemberian nutrisi seimbang yang tepat.

Sehingga, Yayasan Kartika Jaya (YKJ) Koordinator Korem/163 Cabang VII Udayana menggandeng mitra yang memiliki kesamaan misi dalam mendukung program pemerintah menurunkan angka stunting. Salah satunya yakni merangkul Fourmi Foundation.

“Di mana Fourmi Foundation memberikan bantuan senilai Rp231 juta. Bantuan tersebut berupa 275 produk susu colostrum untuk anak-anak di Bali,” terang istri Komandan Korem 163/Wira Satya ini.

Bantuan diserahkan kepada beberapa panti asuhan dan juga siswa TK hingga SD di bawah asuhan Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem/163 Cabang VII Udayana yaitu TK Kartika VII-13, TK Kartika VII-14, SD Kartika VII-1, dan SD Kartika VII-2 yang seluruhnya berlokasi di Denpasar.

“Saya berharap melalui pemberian bantuan colostrum bagi anak-anak dan masyarakat Bali, dapat memberikan kekebalan tubuh sehingga dapat melindungi diri dari berbagai penyakit,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Asty Ananta, CO Founder dan Chief Visionary Officer Fourmi Foundation menerangkan, colostrum adalah susu hari pertama berwarna kekuningan sebagai makanan dan minuman manusia pertama di Bumi.

BACA JUGA:  Pameran IKM Bali Bangkit Tahap V Dibuka, Putri Koster Ingatkan Display Produk Elegan

Colostrum berperan dalam 4 Factor Penting. Pertama, Immunoglobulin membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak gampang sakit. Kedua, Transfer Factor membantu kecerdasan sel dalam tubuh.

Ketiga, Growth Factor membantu proses pertumbuhan anak dan keempat, Nutrition Factor membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

“Fourmi mengabdikan diri dalam upaya meningkatkan performa dengan secara terus menerus membuat inovasi yang lebih baik. Kami berharap bantuan yang diberikan Fourmi berupa produk susu colostrum dapat berguna bagi tumbuh kembang anak-anak di Bali,” ucapnya. (agw)