PPKM Mikro Tak Lagi Maksimal, Pemda Diminta Kembali Aktifkan Posko Covid

Prof Wiku Adisasmito. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah kembali mengaktifkan posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Satgas Covid-19 mencatat giat posko PPKM daerah saat ini sudah menurun.

“Pemerintah daerah juga dimohon untuk mengaktifkan kembali dan kinerja posko di daerahnya. Data menunjukkan bahwa kinerja posko konsisten turun sangat rendah hingga saat ini hanya di bawah 1 juta kegiatan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito saat jumpa pers daring, Selasa (15/2/2022).

Padahal, sebut Wiku, pada periode lonjakan Covid-19 gelombang kedua kinerja posko pada kisaran 4 juta. Bahkan kinerja posko pernah mencapai titik tertinggi pada bulan September 2021 sebesar 5,5 juta kegiatan.

Ditambahkannya, berkaca dari data ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PPKM di tingkat mikro belum berjalan dengan baik. Padahal, peran posko PPKM penting untuk pengendalian kasus corona.

Tidak hanya saat ini, Wiku mengatakan, posko PPKM juga merupakan modal pengendalian kasus Covid-19 di masa depan termasuk pada periode libur panjang yang akan datang.

“Penting untuk diingat peran posko dalam PPKM merupakan garda terdepan pengendalian kasus hingga tingkat terkecil,” demikian Wiku.

BACA JUGA:  Sepekan PPKM Darurat, Aktivitas Masyarakat Menurun 10 Persen