Menkes Minta Warga Tak Panik Lihat Lonjakan Kasus Covid-19

Menkes, Budi Gunadi Sadikin. (FOTO : istimewa)

Beritabalionline.com РMenteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta  masyarakat untuk tidak panik melihat lonjakan kasus Covid-19. Hal ini disampaikan saat Budi Gunadi sedang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, pada Selasa (8/2/2022).

“Masyarakat enggak usah panik karena kasus akan naik tinggi dan akan kemungkinan besar lebih tinggi dari Delta,” imbaunya.

Namun, Dia menyampaikan, angka kematian jauh lebih rendah dari pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan saat ini dibanding dengan varian delta.

“Enggak usah panik, kenapa? Karena memang yang dirawat dan yang wafat itu lebih rendah,” katanya.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, masyarakat juga diimbau segera melengkapi dosis vaksin Covid-19.

“Yang pertama, disiplin memakai masker, disiplin prokes itu penting, jangan kendor untuk memakai masker,” jelasnya.

“Yang kedua, vaksinasi mesti dipercepat. Jadi, masyarakat tolong jangan ragu segera divaksin,” lanjutnya.

Budi juga menjelaskan, 70 persen pasien Covid-19 yang harus menjalani perawatan intensif adalah masyarakat yang belum menerima vaksin dosis lengkap.

“Saya lihat berapa yang wafat, berapa yang dikasih ventilator, itu 60-70 persen belum divaksin atau vaksinnya tidak lengkap,” demikian Budi. (itn)

BACA JUGA:  Menteri PPPA Ajak Seluruh Lembaga Kembangkan Kode Etik Pencegahan Kekerasan Seksual