Disambar Petir, Pelinggih Pura Dalem Desa Akah Terbakar Hebat

Bupati Suwirta saat meninjau lokasi kebakaran yang menimpa pelinggih Gedong Saren Pura Dalem Desa Akah, Klungkung. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Senin (17/1/2022) pagi meninjau Pelinggih Gedong Saren Pura Dalem Desa Akah yang mengalami kebakaran hebat akibat terkena sambaran petir pascahujan deras disertai angin kencang yang terjadi  pada Mingggu (16/1/2022) malam di beberapa tempat  wilayah Kabupaten Klungkung .

Menurut Jro Mangku Pura Dalem Desa Akah, Nyoman Sudiarta, peristiwa alam yang tidak terduga tersebut terjadi kurang lebih pada pukul 18.30 Wita. Sementara kerugian yang ditimbulkan akibat peristiwa itu ditafsir mencapai Rp500 Juta lebih.

Sudiarta menambahkan, sore ini, Perangkat Desa Adat dan Dinas Desa Akah beserta masyarakat akan melakukan persembahyangan menghaturkan upacara/ritual ‘guru piduka dan mecaru’.

Usai meninjau lokasi kejadian, Bupati Suwirta menugaskan pihak Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung untuk membantu melakukan pembersihan dengan melakukan penyemprotan pada bagian lantai Pura Dalem yang masih menyisakan puing-puing yang terbakar.

Selain kepada Dinas Damkar, Suwirta juga menugaskan BPBD Kabupaten Klungkung untuk berkoordinasi dengan perangkat desa setempat dalam pembuatan proposal guna dapat segera diusulkan memperoleh bantuan untuk perbaikan fasilitas yang rusak ke BPBD Provinsi Bali.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyarankan untuk menempuh jalur niskala, yakni bertanya dan meminta saran sulinggih, apakah beberapa bangunan yang masih berdiri kokoh dapat dipergunakan kembali atau harus direnovasi total.

Sementara itu, menurut informasi warga sekitarnya, sebelum terjadi peristiwa kebakaran Bangunan Gedong Penyimpenan/Pelinggih Pesaren di Pura Dalem Desa Akah, mereka sempat melihat kilatan petir di atas bangunan yang terbakar.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.15 Wita. Ketika itu Klungkung dan sekitarnya tengah diguyur hujan deras. Sesekali terdengar suara gemuruh dan kilatan petir.

BACA JUGA:  Kendarai Mobil saat Mabok, Honda CRV Ditumpangi WN China Terguling di Kuta

“Peristiwa naas itu terjadi sesaat setelah terdengar suara petir menggelegar,” ungkap Klian Banjar Pekandelan, Desa Akah, Wayan Mertana.

Warga sekitar juga sempat melihat kilatan petir dari atas bangunan Gedong Penyimpenan.Sesaat, kemudian tidak lama berselang terlihat asap mengepul dari atap bangunan berbahan ijuk tersebut. Api pun berkobar hebat, meski disaat bersamaan hujan tengah mengguyur areal Pura Dalem dan sekitarnya. (sgn)