Tingkatkan Produktivitas Petani, Bupati Suwirta Lakukan Inovasi Ini

Bupati Suwirta (kanan) sesaat sebelum meresmikan irigasi air tanah dangkal di Desa Pikat, Klungkung. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung terus berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian. Terkait hal ini, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta terus melakukan inovasi, salah satunya melalui pembangunan irigasi air tanah dangkal untuk para petani.

Hal itu disampaikan Bupati Suwirta saat meresmikan irigasi air tanah dangkal di Subak Telaga, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Sabtu (15/1/2022).

Dikatakan, pembangunan irigasi air tanah dangkal ini dalam rangka meningkatkan ketersediaan air irigasi pada lahan pertanian Subak Telaga seluas 47 Ha, terutama pada lahan kering dan tadah hujan serta meningkatkan produktivitas usaha tani.

Menurut Suwirta, pembangunan irigasi air tanah dangkal di subak Telaga, Desa Pikat,Kecamatan Dawan, Klungkung ini menggunakan dana DAK Kabupaten Klungkung Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp134.640.000.

“Dengan adanya irigasi tanah dangkal ini mudah-mudahan bisa meningkatkan hasil pertanian di Subak Telaga,” harapnya, seraya meminta agar ditugaskan salah seorang petugas khusus yang akan memantau dan merawat alat ini sehingga tidak ada bantuan alat yang mangkrak akibat tidak diperhatikan.

“Mohon dirawat dan dijaga dengan baik. Mudah mudahan para petani akan lebih bersemangat untuk bertani,” pesan Bupati Suwirta. (sgn)

BACA JUGA:  Penjaga Toko Komputer Ditemukan Tewas, Polisi Tak Temukan Tanda Kekerasan