Cegah Omicron, Masyarakat Diminta Tunda Perjalanan ke Luar Negeri

Menko Airlangga Hartarto. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto kembali mengimbau masyarakat untuk menunda atau menahan perjalanan ke luar negeri, karena ia tak ingin warga Indonesia bawa penyakit dari luar karena Covid-19 varian Omicron sedang menjalar.

“Menahan perjalanan dulu. Arahan Bapak Presiden di luar negeri sedang banyak penyakit jangan kita datangi dan bawa pulang penyakit,” kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (11/1/2022).

Menurutnya, angka kasus harian Covid-19 di Indonesia sudah di bawah 500. Meski ada kenaikan kasus Omicron di DKI Jakarta, pemerintah sudah mengambil kebijakan yakni memisahkan mana yang terpapar Omicron karena melakukan perjalanan luar negeri atau transmisi lokal.

“Sehingga tentu kita bisa tahu bahwa apa yang terjadi bukan karena transmisi lokal, tapi karena baru pulang dari perjalanan luar negeri,” ucap Ketum Golkar itu.

Dia melanjutkan, Indonesia sudah memasukan obat-obatan terapeutik seperti molnupiravir yang diharapkan bisa segera didistribusikan ke pelayanan kesehatan dan Kemenkes bila Omicron melonjak tinggi.

“Sedang persiapkan penanganan Omicron pada saat terjadi kenaikan. Diperkirakan faskes yang disiapkan 70 ribu bed, itu di RS, dan beberapa isoter,” pungkasnya. (sdn/itn)

BACA JUGA:  PVMBG: Gunung Anak Krakatau 9 Kali Alami Erupsi