Bupati Suwirta Harap Pasien dari Nusa Penida yang Dirujuk ke RSUD Klungkung Tak Lagi Pakai Boat Publik

Bupati Suwirta saat sidak Boat Ambulans Laut yang mangkal di Lembongan, Minggu (9/1/2022). (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di Nusa Penida, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengunjungi Boat Ambulans Laut di Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (9/1/2022).

“Boat ini merupakan Ambulans Laut milik dari RS Graha Medika yang sudah bekerjasama dengan Pemkab Klungkung khususnya untuk menangani rujukan pasien dari Jungutbatu, Lembongan ke RS Gema Santi Nusa Penida atau dari Nusa Penida ke Klungkung daratan,” kata Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan, Boat Ambulans Laut ini boat yang baru beroperasi satu tahun. Bupati berharap boat ini nantinya terus bisa berfungsi secara maksimal. Nah oleh sebab itu, tujuan dari upaya ini sebagai langkah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait keberadaan Boat Ambulance Laut ini.

“Jadi saya sudah tugaskan Dirut RS Gema Santi Nusa Penida bersama petugas boat Ambulance Laut ini untuk lebih mensosialisasikan agar nantinya masyarakat dalam kondisi apapun ketika harus dirujuk ke RSUD Klungkung tidak lagi menggunakan boat publik,” harapnya.

Bupati juga mengatakan bahwa boat ini sudah dilengkapi dengan semuanya seperti monitor, alat deteksi, alat oksigen dan sudah ada perawatannya juga. Selain itu untuk terus meningkat pelayanan kesehatan, sekarang Pemkab Klungkung sudah terus berbenah diantaranya menambah Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk bangunannya.

“Jadi masyarakat khususnya di Nusa Penida yang ingin merujuk pasien ke RSUD Klungkung bisa berkoordinasi yang baik dengan pihak RS Gema Santi Nusa Penida maupun Puskesmas yang ada di Nuda Penida, sehingga nantinya bisa menggunakan Boat Ambulance Laut ini,” imbuh bupati asal Pulau Ceningan, Nusa Penida ini.

Boat ini juga sudah ada kerjasamanya dengan BPJS Kesehatan. Mudah-mudahan Kabupaten Klungkung kedepannya bisa terus berbenah. Semoga dengan adanya Boat Ambulans Laut ini nantinya juga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat saat membawa pasien rujukan ke rumah sakit umum di Klungkung daratan. (sgn)

BACA JUGA:  Di Tengah Pandemi, Gubernur Koster Komitmen Selesaikan Shortcut Singaraja-Mengwitani