90 Persen Pendidik di Karangasem Sudah di Vaksin, PTM 100 Persen Siap Digelar Hari Ini

PTM yang berlangsung di TK Bintang Kejora, Senin (10/1/2022). (FOTO : dsk/Beritabalionline.com)

Beritabalionline. com– Capaian vaksinasi Covid-19 para pengajaran di Kabupaten Karangasem mencapai 98,03 persen. Angka vaksinasi yang hampir 100 persen ini menjadi salah satu jaminan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Karangasem dapat berlangsung optimal. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutrisna, Senin (10/1/2022)

Lebih lanjut dikatakan, tak hanya capaian vaksinasi tenaga pengajar. Angka vaksinasi lansia yang menjadi tolak ukur juga telah memenuhi syarat. Yaitu sebanyak 74,04 persen warga usia lanjut telah menerima vaksinasi dengan dosis lengkap. Angka ini melampaui persyaratan minimal 50 persen.

“Meski demikian syarat utama tetap protokol kesehatan menjadi hal utama yang harus diterapkan, ” ujarnya.

Mengenai pelaksanaan PTM, Sutrisna mengatakan resmi dilakukan hari ini. Seluruh jenjang dari TK, SD, SMP dan SMA/SMK menyelenggarakan PTM dengan kapasitas 100 persen.

“Prokes akan dilaksanakan lebih ketat. Siswa dianjurkan memakai masker medis. Dan seluruh prokes di tiap sekolah dilakukan, ” ungkapnya.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, untuk menghindari kerumunan yang rentan terjadi, sekolah jenjang PAUD di Kabupaten Karangasem menerapkan aturan khusus. Dimana orang tua siswa dilarang masuk ke dalam sekolah.

Sistem tersebut diterapkan untuk menghindari kontak dan kerumunan orang tua siswa. Terlebih ada sejumlah siswa TK yang belum bisa divaksinasi.

Tak hanya itu sejumlah sekolah juga melaksanakan prokes yang lebih ketat kepada siswa kelompok A, salah satunya di TK Bintang Kejora, Karangasem.

Tenagasekolah, Sr. Maria Modesta menuturkan penerapan prokes khususnya jaga jarak antar tempat duduk diatur lebih renggang. “Siswa dan orang tua sangat antusis datang. Semoga PTM dapat berjalan lancar, ” harapnya. (dsk)

BACA JUGA:  Putri Koster Apresiasi Teknik Budidaya Ikan Air Tawar dengan Teknik Bioflok