Tekan Kebocoran Portal Galian C, Kajari Dorong Pemkab Karangasem Buat Perda

Salah satu tambang galian c di Kecamatan Selat, Karangasem. (FOTO : dsk/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Di tengah Pandemi Covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Karangasem, khususnya dari sektor galian C terus digenjot. Berbagai upaya ditempuh, salah satunya memperketat pengawasan faktur di portal-portal galian C.

Kendati demikian, kebocoran diprediksi bakal terus terjadi. Terkait kondisi ini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Karangasem mendorong Pemkab setempat membuat peraturan daerah (Perda) terkait hal itu.

Hal tersebut diungkapkan Kajari Karangasem, Aji Kalbu Pribadi. “Perlu dibuat regulasi hukum, apakah dalam bentuk Perda atau perbub untuk jadi instrumen hukum dalam menata hal tersebut, ” ujarnya di Karangasem, Selasa (4/1/2022).

Mendorong upaya Pemkab Karangasem, dalam waktu dekan Kejaksaan akan menyelenggarakan MOU dengan BPKAD Karangasem. Melalui MoU ini pihaknya akan melakukan pendampingan hukum dapat upaya menggenjot PAD lewat pajak galian C.

“Kami akan mulai menginventaris perusahaan yang mana saja sudah berikan dan tidak berijin. Dengan data ini kita akan ikut lakukan upaya penertiban,” tutur Aji Kalbu.

Diketahui, upaya memperketat pengawasan di portal-portal galian C memang berdampak signifikan pada kenaikan PAD di tahun 2021. Data BPKAD Karangasem mencatat dari target pemasukan pajak galian c sebesar Rp46,5 milyar tercapai Rp51,385 milyar. Angka ini melampau target sebesar 110,5 persen. Kendati telah melampaui target, Bupati Karangasem, I Gede Dana masih terus berupa menggenjot pemasukan.

“Kami masih terus berupaya mencegah kebocoran, karena kami masih prediksi ada petugas portal yang masih main-main, ” ungkap Dana beberapa waktu lalu.

Upaya yang akan ditempuh adalah dengan melakukan rotasi petugas portal. Dengan upaya ini, ia berharap tak lagi ada petugas yang memanfaatkan kesempatan.

“Saya sangat tegas, khususnya di tahun 2022 ini agar jangan sampai ada petugas yang main-main, ” pungkasnya. (dsk)

BACA JUGA:  Rai Mantra Paparkan Inovasi DNA di Hadapan Tim IGA Pusat