Jelang Nataru & Cegah Penyebaran Covid-19, Bhabinkamtibmas Polsek Manggis Gencar Sosialisasikan Prokes

Petugas Bhabinkamtibmas Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem,  sosialisasikan Prokes kepada para pedagang. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Manggis, Polres Karangasem gencar menyosialisasikan Protokol Kesehatan (Prokes) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Menggandeng prajuru desa adat serta pecalang, Bhabinkamtibmas Polres Karangasem mengajak masyarakat untuk menjaga Kamtibmas sekaligus menjaga keselamatan dari paparan Covid-19.

“Sesuai arahan pimpinan, perayaan Hari-hari Besar Keagamaan merupakan kegiatan rutin yang harus diamankan jajaran Polri agar masyarakat bisa merayakannya dalam suasana aman dan kondusif,” kata Bhabinkamtibmas Desa Ulakan, Aipda I Nengah Sulingga, saat melakukan sambang dan koordinasi dengan prajuru Desa Adat Tanahampo, Jumat (10/12/2021).

Pada kesempatan itu Nengah Sulingga mengajak Prajuru Desa Adat Tanahampo secara bersama-sama menjadi pelopor/pioner dalam menciptakan situasi kamtibmas. Para tokoh adat diajak menyampaikan imbauan kepada warga supaya tidak melakukan perbuatan melanggar hukum, tidak mengonsumsi minuman keras, serta disiplin menerapkan Prokes.

Bendesa Adat Ulakan, I Putu Budiarta mengucapkan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas yang selama ini sudah berperan aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah Tanahampo.

Pada kesempatan itu Putu Budiarta menekankan kepada para tokoh agar menyampaikan kepada warga masyarakat di lingkungannya untuk mematuhi dan menghormati Instruksi Pemerintah melalui Inmendagri dalam Penerapan Protokol Kesehatan Guna Percepatan Penanggulangan Covid-19.

Kegiatan sambang warga jelang Nataru juga dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Antiga Kelod Bripka I Ketut Bimantara. Giat sambang dan patroli dialogis selain untuk mewujudkan rasa aman masyarakat sekaligus memantau kepatuhan warga masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan di seputaran jalur Pangitebel, Desa Antiga Kelod.

Ketut Bimantara memberikan imbauan terkait PPKM di Masa Nataru kepada pemilik warung agar selalu mengikuti instruksi pemerintah dan mematuhi Protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, sehingga terhindar dari penyebaran virus Corona.

BACA JUGA:  Wagub Apresiasi Kunjungan HDCI Serangkaian Rapimnas dan Pelantikan Pengurus Baru

Kegiatan serupa juga dilaksanakan Bhabinkamtibmas Desa Sengkidu Bripka I Nengah Sumastra, Jumat (10/12/2021) di desa binaannya. Sejumlah rumah didatangi dan berdialog dengan penghuninya untuk mengingatkan agar tetap disiplin menjalankan Prokes apabila berkegiatan di luar rumah.

Terpisah, Kapolsek Manggis Kompol I Ketut Eka Jaya SSos seizin Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna SH SIK MH MM menegaskan, pihaknya telah mengintruksikan agar seluruh Bhabinkamtibmas melakukan sambang warga. Terkait pengamanan Nataru, Bhabinkamtibmas diminta berkoordinasi dengan para Perbekel serta tokoh masyarakat di desa binaannya. (sdn)