Republik Kroasia-Pemkot Denpasar Jajaki Kerja sama Bidang ‘Hospitality Tourism’

Dubes Repbulik Kroasia, Nebosja Koharovic berbincang-bincang dengan Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara (kanan) (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Duta Besar Republik Kroasia untuk Indonesia, Nebosja Koharovic beserta istri Madame Ivana Koharović dalam kunjungannya ke Bali sempat menemui Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara di Kantor Wali kOta Denpasar, Rabu (8/12/2021).

Saat menerima kedatangan Nebosja, wali kota didampingi, Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, M.A. Dezire Mulyani dan Kabag Kerja Sama Setda Kota Denpasar, IGA. Laxmy Saraswati.

Di hadapan Jaya Negara dan pejabat Pemkot Denpasar, Nebosja menawarkan sejumlah point kerja sama, di antaranya di bidang hospitality tourism, sport tourim dan marine tourism.

Ketiga hal itu ditawarkan mengingat sebelum pandemi Covid-19, kondisi di Kroasia mencapai record 25 juta kunjungan wisatawan dan juga mencapai record tertinggi untuk gross domestik product (GDP) atau nilai pertumbuhan ekonomi sebuah kota.

Selain itu, dalam hal sister city, Nebosja juga menyampaikan beberapa hal strategis untuk pemulihan pariwisata Bali khususnya dengan pemerintah pusat melalui promosi bersama dan peluang-peluang di bidang socsal, ekonomi, dan infrastruktur.

Dalam hal sport tourism, Dubes Kroasia juga menawarkan kerja sama ‘Young Football Club’ mengingat Kota Denpasar memiliki pemain-pemain muda sepak bola yang potensial dan berbakat.

Korasia juga menawarkan bantuan beasiswa serta ‘sharing knowledge’.  Selain berharap  Pemeraintah Kota Denpasar dapat menjalin kerja sama sister city dengan Kota Kroasia.

Sementara Walikota Jaya Negara menyambut baik kunjungan Dubes Kroasia yang menawarkan beberapa kerja sama dengan Pemkot Denpasar.

“Tensu saya menyambut baik kerja sama yang ditawarkan ini. Melalui kunjungan ini saya ingin menyampaikan bahwa kondisi Kota Denpasar saat ini aman dan layak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun nusantara. Saya berharap hal ini agar diinformasikan  kepada warga Kroasia untuk tidak ragu-ragu berwisata ke Bali dan Denpasar khususnya,” kata Jaya Negara.

BACA JUGA:  Wagub Cok Ace: Sebagai Daerah Pariwisata Kerukunan itu Penting bagi Bali

Menyinggung hubungan sister city, Jaya Negara mengatakan akan ditindaklanjuti sebagai upaya pemulihan pariwisata dan pemulihan ekonomi kedua kota.

“Ke depanya dapat dikerjasamakan juga port tourism, mengingat di Kawasan BTID Serangan akan dibangun Marine Hub Central yang memposisikan Kota Denpasar sebagai pusat Marine Hub, yang nantinya wisatawan dapat langsung ke Kota Denpasar tanpa harus transit di Singapura,” demikian Wali Kota Jaya Negara. (tik)