Presiden Jokowi akan Tinjau dan Beri Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru

Presiden Jokowi saat memberikan bantuan sembako bagi korban gempa Lombok. (FOTO : istimewa)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendatangi korban bencana erupsi gunung Semeru di Lumajang, Selasa (6/11/2021) besok. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartarto menjelaskan Jokowi akan meninjau kondisi terkini dari bencana yang menimpa daerah tersebut.

“Besok bapak presiden akan melakukan kunjungan kerja, ke Lumajang untuk melihat langsung kondisi terkini dari bencana erupsi Semeru,” kata Heru dalam keterangannya, Senin(6/12/2021).

Heru juga menuturkan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan meninjau beberapa posko-posko yang sudah didirikan BNPB, Gubernur hingga Menteri Sosial. Tidak hanya itu Jokowi juga akan meninjau korban yang terkena panasnya erupsi.

“Beliau akan menijau ke tempat itu dan mungkin jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi posko-posko itu pada rumah sakit yang saat ini sedang ada dua atau tiga korban yang terkena panas erupsi,” bebernya.

Selain itu Jokowi juga kata Heru akan memberikan bantuan kepada para korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Selain itu bapak presiden akan juga memberikan bantuan dari beliau langsung untuk para korban erupsi Semeru,” pungkasnya.

Untuk diketahui Presiden Joko Widodo memerintahkan segera mengambil langkah tanggap darurat menanggulangi Erupsi Gunung Semeru. Jokowi memberikan perintah kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta gubernur dan bupati.

“Bapak presiden sudah memerintahkan untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana,” ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers, Minggu (5/12/2021).

Presiden Jokowi juga memerintahkan memberikan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan pengungsi, serta perbaikan infrastruktur diselesaikan dalam waktu yang singkat. (itn)

BACA JUGA:  Sebagian Besar Anak Muda Percaya Jokowi dan Menkes Mampu Tangani Covid-19