BPBD Kota Denpasar Siagakan 84 Personel di 4 Titik Rawan Banjir

Petugas BPBD Kota Denpasar melakukan penyedotan genangan air. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Akibat tingginya curah hujan sejak Minggu (5/12/2021) hingga Senin (6/12/2021 pagi, beberapa wilayah di Kota Denpasar terendam air, mulai dari setinggi tumit hingga mencapai lutut kaki orang dewasa.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, BPBD Kota Denpasar menyiagakan 4 pos dan sebanyak 84 personel di 4 titik rawan banjir, kata Sekretaris BPBD Kota Denpasar Ardy Ganggas.

Ia mengatakan, sejak Minggu malam, pihaknya telah menerima banyaknya laporan terkait banjir dan pohon tumbang di beberapa TKP. Dimana hampir seluruh kecamatan yang ada di Kota Denpasar mengalami bencana banjir.

“Kemarin malam sudah banyak laporan-laporan adanya pohon tumbang di beberapa TKP dan sudah  diatasi tim,” katanya yang dikonfirmasi wartawan via telepon, Senin (6/12/2021).

Dikatakan, selain memasuki musim hujan, ini juga salah satu dampak dari fenomena La Nina. Dimana curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan saluran irigasi penuh sehingga mengakibatkan meluapnya air.

“Sebelumnya kami juga telah memberikan informasi sejak sebulan yang lalu terkait curah hujan yang meningkat dan adanya  fenomena La Nina,” ujar Ardy Ganggas.

Dijelaskan, beberapa perumahan warga yang berada di wilayah TPA Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan juga terendam banjir. Tidak hanya banjir, bencana tanah longsor di Jalan Tunjung Tutur Gang Taman Sari 5 yang mengakibatkan 3 mobil tertimbun. Tanah longsor juga terjadi di Pura Beji Puseh Ubung Kecamatan Denpasar Utara.

“Iya, di  Jalan Tunjung Tutur tanah longsor menimbun 3 mobil. Satu lagi, adanya ketergenangan air juga di Jalan Antasura Utara, tepatnya di Warung Mina,” ungkapnya.

Meskipun genangan air di beberapa titik sudah mulai berangsur surut, pihaknya mengimbau dan meminta masyarakat tetap waspada. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang rentan banjir diharapkan mengevakuasi barang-barang berharganya ke tempat yang lebih tinggi dan aman. (tik)

BACA JUGA:  Pimpin Sertijab Dandim Badung, Danrem Ungkap Beberapa Hal