Bupati Bangli Rolling 20 Pejabat Eselon II

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat menyalami pejabat yang dimutasi. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melakukan penyegaran di lingkungan Pemkab Bangli bertepatan dengan HUT Korpri yang ke-50, Senin (29/11/2021).

Pengambilan sumpah jabatan bertempat di ruang Krisna Setda Kabupaten Bangli.
Dalam kesempatan ini, Bupati Sedana Arta menyampaikan setalah dilantik menjadi Bupati Bangli, ia telah melaksanakan mutasi untuk yang ke dua kalinya. Pertama, di lingkungan RSUD Bangli dan yang sekarang pejabat struktural di lingkungan Pemkab Bangli.

“Mutasi kali ini melantik sebanyak 20 pejabat eselon II, sedangkan pejabat eselon III sebanyak 9 orang. Pelantikan pejabat struktural pada hari ini adalah bagian dari komitmen kami untuk melakukan re-strukturisasi dan penyegaran dalam peningkatan kinerja perangkat daerah melalui promosi, mutasi, rotasi dan pengisian beberapa jabatan struktural yang kosong, telah sesuai dengan peraturan dan mekanisme yang ada berdasarkan hasil evaluasi kinerja yang telah dilakukan,” sebutnya.

Bupati asal Susut ini menekankan, bahwa dalam era disrupsi saat ini perubahan tidak terjadi secara bertahap seperti orang meniti anak tangga. Namun, perubahan pada era ini menyerupai ledakan gunung berapi yang meluluh lantakan ekosistem lama dan menggantikannya dengan ekosistem baru yang sama sekali berbeda.

Oleh karena itu, inovasi yang berkesinambungan sangat diperlukan untuk selamat dari ledakan dan perubahan yang masif.

“Kita juga harus bersyukur telah dianugrahi kesempatan sebagai pejabat daerah maupun ASN yang merupakan karunia mulia yang menjadi impian hampir sebagian masyarakat kita, terlebih ditengah situasi sulit saat ini, maka untuk itu jangan disia-siakan kesempatan ini,” pesannya.

Di lain sisi, Sedana Arta juga menegaskan bahwa Kabupaten Bangli memiliki sumber daya alam dan budaya yang luar biasa yang belum tergarap secara maksimal.

BACA JUGA:  Seorang Remaja Putri di Denpasar Meninggal, Ibu Korban Sebut Anaknya Kena Santet

“Kita memiliki sumber daya manusia yang handal, tetapi belum terakomodir pada formasi yang tepat. Oleh karenanya kita harus bangun optimisme dan melakukan reformasi mental dan etos kerja. Saya telah merangkum, setidaknya terdapat tiga kunci keberhasilan pembangunan daerah yaitu adaptasi, kolaborasi dan inovasi,” ungkap mantan Wabup Bangli dua periode ini.

Pun demikian, Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini berharap kepada pejabat yang baru dilantik agar mampu mengemban tugas dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.
“Kobarkan semangat jengah, ngayah untuk Bangli, lakukan terobosan inovasi dan tinggalkan cara-cara lama yang tidak produktif. Tugas kita adalah melayani bukan dilayani. Kita harus mampu memberikan pelayanan yang tepat, cepat, efektif, dan efisien kepada masyarakat,” pintanya.

Sementara itu, tentang pengisian jabatan yang kosong akan diisi kembali setelah ada pengumuman lelang terbuka terhadap jabatan eselon II dan juga akan diadakan penyegaran pejabat eselon III dan IV supaya awal tahun 2022 semua jabatan terisi, sehingga Pemkab Bangli bisa efektif untuk menuju Bangli Era Baru.(bpn)