Antisipasi Bencana Alam, Polresta Denpasar Tingkatkan Kewaspadaan

Kapolresta Denpasar memeriksa peralatan usai apel kesiapan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Polresta Denpasar melakukan apel kesiapan penggelaran sarana prasarana serentak untuk mendukung antisipasi bencana alam di wilayah hukum Polresta Denpasar.

“Dengan banyaknya kasus bencana yang sudah terjadi bahkan di awal-awal fenomena LA Nina, kami merasa perlu meningkatkan kewaspadaan,” ucap Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, Sabtu (27/11/2021) di Mapolresta Denpasar.

Kapolresta mengatakan, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa curah hujan mengalami peningkatan.

Bahkan lanjutnya, BMKG telah menginformasikan bahwa dampak La Nina akan mulai dirasakan pada bulan Nopember dengan puncaknya yang akan terjadi pada periode Desember 2021 hingga Maret 2022.

“Memasuki bulan November telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor pada beberapa wilayah di Indonesia, sehingga diperlukan mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan,” terangnya.

Dikatakan, apel kesiapan ini merupakan wujud kesiapsiagaan aparat kepolisian guna memperkuat komitmen sebagai alat negara yang diberikan kewajiban untuk memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dari ancaman bencana alam.

Hal ini menurutnya sesuai tujuan terbentuknya Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, masyarakat mempunyai hak atas perlindungan dari segala macam ancaman, rintangan dan gangguan.

“Negara harus hadir di tengah masyarakat untuk memperoleh haknya, sehingga kehadiran aparatur negara di lapangan saat terjadi bencana alam dapat meminimalkan risiko yang ditimbulkan, seperti kehilangan jiwa dan harta benda,” paparnya.

Kapolresta juga mengingatkan peserta apel untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan guna memotong rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Denpasar. (agw)

BACA JUGA:  Masyarakat Keluhkan Harga Masker Meroket, Sentuh Rp300.000/Kotak