Bali-Jakarta Jadi Tuan Rumah Turnamen Sepak Bola Dunia

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan Bupati Gianyar I Made Mahayastra saat di stadion Kapten Wayan Dipta. (foto: ist)

Beritabalionline.com –  Pemprov Bali dan DKI Jakarta berkolaborasi menjadi tuan rumah Turnamen Sepakbola bergengsi yang siap menghadirkan tim asal Spanyol di ajang International Youth Championship (IYC) 2021 pada 5-12 Desember 2021. tim teratas LaLiga Spanyol, seperti Real Madrid U18, Barcelona U18, serta Atletico De Madrid U18, dijadwalkan hadir dan akan menghadapi Tim All Star Indonesia U20.

Ketua Pancoran Soccer Field (PSF), Gede Widiade, menjelaskan rangkaian pertandingan fase grup IYC 2021 bakal digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 4-8 Desember 2021.
Sementara, babak perebutan tempat ketiga dan final akan digelar di Stadion Jakarta International Stadium (JIS), pada 11 Desember 2021.

“Tahun ini tim-tim dari luar negeri bersedia bertanding di Jakarta dengan alasan yang sangat fundamental. Karena, di Jakarta akan dilakukan soft launching stadion yang punya reputasi Internasional yaitu JIS,” ujar Gede Widiade saat Pers Conference secara virtual dalam rangka persiapan Turnamen Sepak Bola International Youth Championship 2021 di Bali – Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Di sisi lain, Gubernur Bali, Wayan Koster, mengungkapkan geliat ekonomi daerahnya dan Jakarta, mulai tumbuh seiring dengan pelonggaran yang dilakukan Pemerintah. Akan tetapi, kesehatan tetaplah menjadi prioritas yang utama.
“Saya sangat bahagia dan bangga, karena baru pertama kali, Bali mendapat kehormatan dan kepercayaan sebagai tempat penyelenggaraan turnamen sepakbola berkelas dunia,”kata Koster.

Oleh karena itu, ia mendukung penuh pelaksanaan turnamen ini, dari segi teknis dan penerapan protokol kesehatan Covid-19, agar berjalan dengan lancar, aman, dan sukses.
“Kami memberikan apresiasi atas prakarsa penyelenggaraan turnamen sepak bola IYC 2021 yang dilaksanakan oleh pihak PSF dengan berkolaborasi bersama Pemprov DKI dan Bali.

BACA JUGA:  Kakak Beradik Tenggelam saat Berenang di Sungai, Satu Ditemukan Meninggal

Hal ini sejalan dengan sport tourism, yang sangat kita butuhkan sebagai salah satu cara untuk mendukung dan membangkitkan pariwisata. Kami berharap, pelaksanaan turnamen ini dapat menjadi role model dalam pembinaan persepakbolaan bagi anak-anak usia muda di Indonesia, khususnya di Bali dan Jakarta,” kata Wayan Koster, di acara yang sama.

 

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan mengatakan Pemprov DKI sangat senang dan antusias berkolaborasi bersama Pemprov Bali dan PSF dalam program IYC 2021, sekaligus sebagai bagian dari soft launching Jakarta International Stadium (JIS). JIS adalah persembahan dari Pemprov DKI kepada seluruh masyarakat Indonesia sebagai simbol baru kolaborasi, inklusivitas, keberlanjutan regenerasi urban dan kebangkitan ekonomi Kota Jakarta.

Sebagai informasi, JIS merupakan stadion bertaraf Internasional yang akan memfasilitasi, kebutuhan acara berskala besar dengan menawarkan pengalaman baru bagi seluruh elemen masyarakat dan menjadi bagian penting dari transformasi Kota Jakarta.
Program International Youth Championship 2021 diharapkan dapat menjadi tonggak baru bagi sepak bola Indonesia di mata dunia, serta menjadi awal sejarah lahirnya ikon baru kebanggaan kota Jakarta, Jakarta International Stadium (JIS).(tim)