Sudah Sepekan Lebih RSUD Klungkung Nihil Pasien Covid-19

Dirut RSU dr Nyoman Kesuma MPH. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kasus Covid-19 di Kabupaten Klungkung kini terus melandai, diharapkan situasi ini menjadi momentum era baru dengan tetap mengedepankan prokes bagi seluruh warga. Bahkan hampir sebulan belakangan ini, sampai Senin (15/11/2021) tidak ada pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Klungkung.

Dirut RSU Klungkung dr Nyoman Kesuma MPH mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan kasus setelah hari raya Galungan yang mungkin terjadi , pihak RSUD tetap mensiagakan personelnya serta menyiapkan Klinik Covid-19.

“Keberadaan Klinik Covid ini nantinya menangani pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau yang tidak membutuhkan rawat inap, cukup dirawat mandiri di rumah,” ujarnya.

Lebih jauh Kesuma mengatakan, pasien terakhir yang dirawat di RSUD pada Kamis (4/11/2021) lalu adalah seorang lansia berusia 80 tahun.  Sampai Senin 15 Nov ember 2021 jumlah pasien yang dirawat sudah nol kasus alias nihil. Kondisi ini diharapkan terus nihil hingga jelang datangnya Hari Raya Kuningan, 20 November 2021.

“Ya, pasien Covid-19 di RSUD Klungkung sudah nihil sejak Sabtu (6/11/2021) lalu hingga hari ini Senin (15/11/2021),” imbuhnya.

Walaupun tidak ada pasien Covid-19 yang dirawat, RSUD Klungkung sudah melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu kembali terjadi lonjakan kasus. Apalagi sudah menjelang libur pergantian tahun. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mendirikan Klinik Covid-19. Klinik ini berada di basement ruang VIP RSUD dan sudah beroperasi sejak minggu lalu.

“Nantinya bagi pasien Covid-19 bergejala ringan yang dirujuk dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau pascaopname bisa langsung ke Klinik Covid-19,” demikian Kesuma. (sgn)

BACA JUGA:  Pemprov Bali Gelar Apel Secara Virtual