Ribuan Umat Hindu dari Berbagai Daerah Padati Pura Dasar Buana Gelgel

Ribuan pemedek memadati Pura Dasar Buana, Gelgel, Klungkung, Senin (15/11/2021). (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Ribuan umat Hindu dari seluruh Bali dan berbagai daerah di Indonesia sejak Senin (15/11/2021) pagi memadati Pura Dasar Buana Gelgel, Klungkung untuk melakukan persembahyangan Pemacekan Agung. Dari ribuan pemedek yang datang memadati Pura ini, kebanyakan dari warga semeton Pasek Gelgel yang tersebar dari seluruh Bali maupun berbagai daerah di Tanah Air.

Hari Pemacekan Agung yang datangnya bertepatan dengan Soma Klion Kuningan, lima hari pasca Hari Raya Galungan yang jatuh setiap enam bulan sekali, selalu dipadati para pemedek dari seluruh Bali yang tujuannya untuk sembahyang di Pura Dasar Buana Gelgel, Klungkung.

Pura Dasar Buana merupakan pura bersejarah junjungan seluruh umat se-Dharma (Hindu, red) dari seluruh klan yang ada di Bali yang didominasi oleh semeton Pasek Gelgel seluruh Nusantara.

Kendati dipadati ribuan pemedek seharian, pelaksanaan karya Pemacekan Agung Pura Dasar Buana Gelgel berjalan lancar, aman dan tertib. Hal ini dikarenakan semua pemedek mengikuti arahan prokes yang diatur panitia.

Karya Pemacekan Agung di Pura Dasar Buana, Gelgel antara lain dipuput oleh Rohaniawan Ida Peranda Gde Putra Jumpung Keniten (Pendeta Siwa) di bagian Utama Mandala, dan Ida Bagawan Surya Sogata (Pendeta Buda) di bagian Madia Mandala. Sedangkan di Pura Pusering Jagat dipuput Ida Peranda Gede Kediri.

Bagi Pemedek yang belum sempat ‘tangkil’ atau melakukan persembahyangan hari ini bisa dilakukan pada hari berikutnya. Mengingat, Pujawali akan dilaksanakan hingga Ida Bhatara ‘mesineb’ pada hari Kamis (18/11/2021) sekitar pukul 13.00 Wita. (sgn)

BACA JUGA:  Rai Mantra Serahkan Bantuan CSR Bedah Rumah Kepada Warga Ubung Kaja