Hujan Disertai Petir Landa Bali dalam Beberapa Hari Kedepan, BMKG Ingatkan Ini

Hujan di seputaran wilayah Badung hari ini. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan disertai kilat di wilayah Bali dalam beberapa hari kedepan, 10-12 November.

“Potensi hujan ringan hingga sedang disertai kilat/petir terjadi di sebagian wilayah Bali,” ucap Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Raharjo melalui siaran pers, Rabu (10/11/2021).

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem,” sambungnya.

Agus menerangkan, wilayah Bali sedang dalam musim peralihan musim. Suhu muka air laut berkisar antara 28 hingga 31 derajat selsius.

Suhu muka laut yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air).

“Kondisi ini mendukung proses pembentukan awan hujan yang disertai kilat/petir,” jelasnya.

BMKG juga meminta para nelayan, pelaku usaha wisata bahari serta masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir untuk mewaspadai tinggi gelombang laut di sekitar perairan selatan Bali.

“Tinggi gelombang laut dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali. Agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini terkait cuaca ekstrem,” kata Agus. (agw)

BACA JUGA:  Gianyar Hanya Kebagian 100 Rapid Test