Mantan Bupati Tabanan dan Staf Khususnya Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi DID

Mantan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. (FOTO : Istimewa)

Beritabalionline.com – Mantan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan staf khusus bupati Tabanan (2016-2021), I Dewa Nyoman Wiratmaja ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dana insentif daerah (DID) Tabanan Tahun 2018 bersama pejabat Kemenkeu. Pejabat Kemenkeu ini adalah Rifa Surya.

Rifa Surya adalah Kepala Seksi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik pada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan pada Kementerian Keuangan. Saat ini Rifa sudah dipecat dari Kemenkeu.

Dikutip dari radarbali.id, kepastian bahwa Eka Wiryastuti, Dewa Nyoman Wiratmaja dan Rifa Surya sebagai tersangka itu terungkap dari surat permohonan dana atau informasi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar (DPMPTSP) Kota Denpasar.

Surat itu diterima DPMPTSP Kota Denpasar pada 8 November 2021. Dalam surat ini, disebutkan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji.

Kepala DPMPTSP, Idan Bagus Benny Pidada ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (8/11/2021) membenarkan adanya surat permohonan informasi dari KPK tersebut.
“Ya, tadi pagi. Sebenarnya baru tadi tiang terima suratnya. Ini sebenarnya sama kayak kejadian yang lainnya. Hanya mencari data perizinan,” aku Benny, seperti dikutip radarbali.id.

 

Benny menjelaskan, surat ini sama dengan surat yang pernah diterima DPMPTSP Kota Denpasar. Yakni, kasus terkait korupsi bawang putih yang menyangkut mantan anggota DPR RI dari PDIP, I Nyoman Dhamantra.

“Sama kok dengan kasus lainnya. Kayak kasus bawang putih dulu. Itu (surat) permohonan data terkait izin yang dimiliki di perusahaan atas nama bersangkutan.

Apakah perusahaan itu berizin atau tidak dan sebagainya,” jawabnya.

Benny pun menyatakan bahwa pihaknya akan menjawab permintaan informasi dari KPK.

“Secepatnya akan dibalas surat dari KPK. Segera,” kata Benny.

BACA JUGA:  Kemenpar Salurkan Bantuan Sembako untuk Pelaku Pariwisata Bali Terdampak Corona

Terungkapnya dugaan gratifikasi dari Bupati Tabanan kepada pejabat Kemenkeu dalam pengurusan DID tahun 2018 setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah pihak. Di antaranya adalah Yaya Purnomo, pejabat Kemenkeu.