9 Desa Wisata dan 2 Daya Tarik Wisata di Badung Terima Penghargaan dari Kemenparekraf

Sekda Adi Arnawa menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta ADWI 2021 kepada perwakilan peserta dari 9 Desa Wisata dan 2 Daya Tarik Wisata. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menyerahkan piagam penghargaan kepada Peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kementerian Pariwisata Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Pada kesempatan yang sama Sekda juga menyerahkan SK Bupati Badung Nomor 22 Tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan Bupati Badung nomor 47 Tahun 2010 tentang Penetapan Kawasan Wisata di Kabupaten Badung kepada Desa Wisata, di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Selasa (2/11/2021).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Kepala Dinas Pariwisata Cokorda Raka Darmawan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, Para Camat, I Gusti Ngurah Wardana dari Forum Komunikasi Desa Wisata Provinsi Bali.

Acara diawali dengan penyerahan piagam penghargaan Peserta ADWI kepada 9 Desa Wisata dan 2 daya tarik wisata diantaranya Desa Wisata Bongkasa Pertiwi, Desa Wisata Pelaga, Desa Wisata Petang, Desa Wisata Pangsan, Desa Wisata Sangeh, Desa Wisata Kapal, Desa Wisata Baha, Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa Kutuh, Desa Wisata Munggu, Pantai Melasti Ungasan dan Desa Wisata Carangsari.

Juga dilaksanakan penyematan pin kepada pengurus forum Desa Wisata Kabupaten Badung oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Badung Cokorda Raka Darmawan.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan, pembangunan desa menjadi sebuah prioritas bagi Pemerintah Indonesia sehingga dengan berkembangnya desa-desa di Indonesia akan berdampak kepada majunya bangsa Indonesia.

Demikian pula Kabupaten Badung, dari desa membangun Kabupaten Badung, jika dikaitkan dengan pengembangan pariwisata di daerah ini dimana sektor pariwisata merupakan sektor yang diandalkan. Oleh karena itu, lanjutnya, tidak salah jika Kabupaten Badung mengembangkan desa wisata sebagai wisata alternatif dengan mengedepankan partisipasi masyarakat.

BACA JUGA:  Pangdam Udayana Sebut Butuh Keberanian Menangani Pandemi Covid

“Saya menyambut baik bertambahnya jumlah desa wisata di Kabupaten Badung sesuai dengan Peraturan Bupati Badung Nomor 22 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Badung nomor 47 Tahun 2010 Tentang Penetapan Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Badung, dimana sebelumnya kita memiliki 11 desa wisata dan kini bertambah 6, sehingga saat ini total ada 17 desa wisata di Kabupaten Badung,” jelasnya. (tik)