Wujud Bhakti, Wagub Cok Ace ‘Ngayah’ Calonarang di Pura Jemeng Desa Sebali Tegallalang

Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) masih menyempatkan waktunya untuk ‘ngayah’ mesolah Calonarang. (foto: ist)

Beritabalionline.com –  Di tengah kesibukannya sebagai Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) masih menyempatkan waktunya untuk ‘ngayah’ mesolah Calonarang, sebuah seni pertunjukan tradisional di Pulau Dewata.

Sebagai wujud bhakti, Wagub Cok Ace p ‘ngayah’ mesolah Calonarang di Pura Jemeng Sebali, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, serangkaian Karya Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini yang tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Cok Ace, upacara ini harus dilakukan sebagai sujud bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar terciptanya keseimbangan sekala dan niskala.

Ia berharap, dalam melaksanakan upacara ini masyarakat harus tetap bergotong royong agar adanya kebersamaan, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Seiring dengan itu, krama desa diharapkan patuh dan taat terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu dengan melaksanakan 6M. Sehingga upacara yang dilaksanakan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat baik sekala maupun niskala.

“Karya ini harus dilaksanakan sebagai wujud bhakti kita. Tentu dalam pelaksanaan karya yang besar ini saya harapkan masyarakat harus gotong royong agar semua berjalan dengan baik. Kebersamaan dalam melaksanakan karya juga tetap terjaga dan jangan lupa selalu taat terhadap prokes khususnya 6M,” ujar tokoh Puri Ubud ini.

Sementara itu, Prajuru Adat Desa Sebali I Made Mupu menyampaikan, rangkain upacara Ngusaba ini dilaksanakan selama sebulan lebih, sejak mulai dari persiapan hingga acara puncak dan penyineban.(red) 

BACA JUGA:  Kapolri Sambangi Pelabuhan Benoa, Cek Alur Masuk ABK dan Wisatawan