Dua dari 9 ABK KM Liberty 1 yang Hialang Ditemukan, Satu Meninggal Dunia

Proses evakuasi ABK KM Liberty 1 oleh awak kapal SPOB Seroja 01. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Dua dari 9 orang ABK KM Liberty 1 yang sebelumnya dikabarkan hilang di perairan utara Bali, ditemukan oleh kapal SPOB Seroja 01 dengan rute Kumai, Kalimantan Tengah menuju Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB.

“Dua orang ABK yang ditemukan tadi sore sekitar pukul 15.30 Wita atas nama Rivaldy Refly selaku juru minyak dan Hadiq Zain selaku koki,” kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada, Rabu (27/10/2021) malam di Denpasar.

Saat ditemukan pada koordinat 07°45.917″S – 115°21.321″E di perairan utara Bali, Rivaldy Refly masih dalam keadaan selamat namun Hadiq Zain sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Gede Darmada menyebutkan bahwa pihaknya menerima laporan penemuan dua ABK dari Saifudin selaku agen KM Liberty pada pukul 18.33 Wita.

Saat ini terangnya, Kapal SPOB Seroja 01 mengevakuasi kedua korban menuju Pelabuhan Lembar, Lombok.

“Kita sudah koordinasikan dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram. Estimasi tiba di Pelabuhan Lembar sekitar pukul 6 pagi,” ungkapnya.

Ditambahkan, rencananya Basarnas akan kembali melakukan pencarian di lokasi ditemukannya korban dengan mengerahkan KN SAR Arjuna 229.

“Lokasi penemuan berjarak sekitar 40.56 NM dengan heading 51.29° dari Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng. Setalah dua korban dari 9 ABK ditemukan, Basarnas akan mencari 7 ABK yang masih hilang,” kata Darmada. (agw)

BACA JUGA:  Per 20 Agustus, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bali Lebih Banyak (72) dari Pasien Sembuh (50)