Covid Melandai, 459 PMI Gianyar Terima Panggilan

Ilustrasi. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Pasca mereda kasus paparan Covid-19 di seluruh dunia, sebanyak 459 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Gianyar sudah berangkat menerima panggilan pekerjaan.

Kadisnaker Gianyar, AA Dalem Jagadhita menyebut PMI asal Gianyar dalam dua bulan terakhir ini yang mengurus administrasi berkait keberangkatan mengalami peningkatan. “Ada 19 negara yang sudah membuka lowongan buat PMI,” kata AA Dalem Jagadhita, Selasa (26/10/2021).

Dikatakannya, persyaratan administrasi keberangkatan sangat ketat, dan hal tersebut terus menjadi pantauan dari negara penerima PMI. Sampai akhir September, PMI yang sudah berangkat sebanyak 459, 290 pria dan 169 perempuan. Sedangkan dominasi negara tujuan adalah Turki, sebagai pekerja terapis dan spa.

“Kalau penilaian terhadap PMI asal Indonesia positif, karena apapun persyaratan yang diminta selalu ditaati,” ujarnya.

Diantara negara-negara yang sudah menerima PMI untuk pekerjaan di darat adalah Turki, Hungaria, Hongkong, Irak, Arab Saudi, Korsel, Polandia, Rusia, Swiss dan beberapa negara di Afrika. Sedangkan untuk pekerjaan laut (pesiar) PMI asal Bali sudah melalukan kontrak atau melanjutkan kontrak yang sebelumnya. Sedangkan dari data sebelumnya, jumlah PMI asal Gianyar sekitar 1.500 orang, sehingga yang sudah berangkat sepertiganya.

“Nah sisa dua pertiga ini ada yang sudah mengurus administrasi, namun sebagiannya juga ada yang sudah membuka usaha sendiri dan ada yang kembali sebagai petani yang lebih modern,” tandasnya.(yes)

BACA JUGA:  Wagub Cok Ace Apresiasi Kegiatan Donor Darah di Tengah Pandemi