Hadiri Peringatan Hari Pangan Se-Dunia, Bupati Giri Prasta Komit Mantapkan Pembangunan Sektor Pertanian dari Hulu ke Hilir

Bupati Giri Prasta bersama Made Urip saat menghadiri penyerahan alat mesin pertanian, peresmian JUT, RJIT dan panen perdana padi MSP di Subak Taman Desa Taman Abiansemal, Senin (25/10/2021). (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta bersama Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP Made Urip menghadiri acara penyerahan alat mesin pertanian, peresmian JUT (Jalan Usaha Tani), RJIT (Rehab Jaringan Irigasi Tersier) dan panen perdana padi MSP di Subak Taman Desa Taman Abiansemal serangkaian perayaan Hari Pangan se-Dunia ke-41 Tahun 2021, Senin (25/10/2021).

Turut hadir pada kesempatan itu Anggota DPRD Bali Nyoman Laka, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Anggota DPRD Badung Nyoman Dirgayusa Dan Kadek Suastiari, Kadis Pertanian Badung Wayan Wijana, Camat Abiansemal Ib Mas Arimbawa, Perbekel Desa Taman, Dan Pekaseh Beserta Krama Subak Taman Abiansemal.

Bupati Giri Prasta mengatakan, 99 persen subak di Kabupaten Badung merupakan binaan dari Made Urip. Untuk itu selaku Pemerintah Daerah dan petugas partai pihaknya memberikan support dalam rangka memantapkan arah pembangunan sektor pertanian Badung dari hulu ke hilir.

“Keberpihakan kami kepada petani itu wajib, maka prinsip kami untuk sektor pertanian adalah bela beli wujudkan petani bangga jadi petani. Ini yang harus kita buktikan, bahkan di daerah Badung Utara kami mempunyai Badung Park Land. Dimana lahan petani di kontrak pemerintah dan pemilik lahan digaji setiap bulan, pembagiannya 30/70. Nanti setelah bisa berdikari dan habis masa kontrak akan kita kembalikan sepenuhnya kepada petani,” terangnya.

Disisi lain, lanjut Giri Prasta, guna meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus untuk mewujudkan swasembada pangan, pihaknya memastikan bahwa kedepannya Badung akan segera membuat Badan Pangan. Pihaknya juga sudah melakukan kalkulasi kemampuan produksi beras semua subak yang ada di Badung baik itu per hari, per minggu, per bulan dan per tahun.

BACA JUGA:  Bupati Mahayastra Ingatkan Pelaku Pariwisata Tidak Lagi Promosi Lewat Brosur dan Website

“Astungkara selama ini kita sudah bisa memenuhinya, dan kedepan dengan kualitas beras yang pulen serta bagus dari varieties MSP ini akan kita bukakan akses agar bisa diserap oleh industri pariwisata. Untuk itu kita support petani melalui pemberian subsidi pupuk, asuransi pertanian, subsidi pajak dan bibit,” kata dia.

Bupati Giri Prasta juga menambahkan bahwa suatu saat nanti, pihaknya ingin membangun pabrik penggilingan beras yang bagus sehingga beras yang dihasilkan berkualitas dan tidak pecah. “Misalkan dari 1 ton gabah bisa menghasilkan 900 Kg beras dengan kualitas yang bagus dan tidak pecah ,itu yang kita harapkan kedepannya.” ujar Giri Prasta

Sementara itu Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP Made Urip menyampaikan bahwa program yang dilaksanakannya bersama Pemkab Badung di Subak Taman Abiansemal bertujuan untuk memperkuat sektor pertanian melalui perbaikan infrastruktur JUT dan RJIT.

“Infrastruktur pertanian harus secara masif kita perbaiki karena ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas petani. Misalkan memudahkan petani dalam mengangkut pupuk dan hasil panen,dibandingkan dengan tidak adanya JUT maka kos produksi petani akan bertambah,” ucapnya. (tik)