Wali Kota Jaya Negara Buka Kontes Ikan Mas Koki Bali

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara (tengah) saat membuka Kontes Ikan Mas Koki Bali. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Sebagai salah satu komunitas ikan mas koki Bali, Tedung Koki Bali,  menggelar Kontes Ikan Mas Koki Bali di Madya Mandala Pura Maospahit, Gerenceng, Denpasar, Minggu (24/10/2021).

Pelaksanaan Kontes Ikan Mas Koki Bali ini dibuka Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara. Turut hadir pada kesempatan itu Pembina Tedung Koki Bali, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana, Jero Mangku Gede Pura Maospahit, serta tokoh masyarakat Desa Pemecutan Kaja.

Wali Kota Jaya Negara mengapresiasi pelaksanaan Kontes Ikan Mas Koki Bali yang digelar Tedung Koki Bali sebagai salah satu komunitas pembudidaya Ikan Mas Koki Bali di Kota Denpasar. Kegiatan ini tentunya dapat memberikan manfaat pelestarian budaya dan ekonomi kreatif.

Menurut Jaya Negara, manfaat yang didapat dari pelaksanaan kontes Ikan Mas Koki Bali adalah selain pembudidayaan, penyaluran hobi dan ekonomi kerakyatan, juga terdapat cerita dari keberadaan Ikan Mas Koki Bali sebagai warisan budaya di Bali, khususnya di Kota Denpasar.

“Terima kasih kepada komunitas Koki Bali yang telah melangsungkan kegiatan ini karena  telah memberikan ruang kepada para komunitas dan pecinta Ikan Mas Koki Bali,” ujarnya.

Sementara Pembina Tedung Koki Bali, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana menyampaikan keberadaan ikan mas koki Bali memiliki perjalanan sejarah cukup panjang. Selain menjadi salah satu kegemaran, memelihata ikan mas koki Bali juga mampu memberi nilai lebih pada ekonomi kerakyatan.

“Antusiasme masyarakat terhadap ikan mas koki Bali sangat tinggi. Hal ini terbukti dari keikutan peserta yang mengikuti kontes, tidak saja datang dari Kota Denpasar, namun juga dari luar Denpasar seperti Tabanan, dan Gianyar,” terangnya.

BACA JUGA:  Dalam Sebulan, 4.960 PMI Tiba di Bandara Ngurah Rai Gunakan Pesawat Charter Khusus

Ketua Panitia Kontes Tedung Koki Bali, Edi Widnyana, mengatakan,  ikan mas koki Bali memiliki warna yang bervariatif. Dengan keindahan dan ukuran ekornya yang bisa melebihi ukuran badannya. Hal ini yang menjadi daya tarik masyarakat pecinta ikan mas koki Bali untuk memelihara maupun melakukan budidaya.

“Saat ini banyak terbentuk komunitas budidaya ikan mas koki Bali di Denpasar. Kondisi ini sangat mendukung eksistensi ikan ini,” demikian Edi Widnyana. (tik)