Mulai Hari Ini Penumpang Pesawat Wajib Bawa Hasil Negatif Tes PCR

Pihak PT Angkasa Pura 1 siapkan rapid test antigen dan PCR di Bandara Ngurah Rai Bali. (FOTO : Antara)

Beritabalionline.com – Para calon penumpang pesawat mulai hari ini, Minggu (24/10/2021) wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR dengan sampel maksimal diambil 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

“Sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, serta jangkar untuk penerbangan domestik, Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung perjalanan dalam negeri dengan transportasi udara selalu memenuhi protokol kesehatan di dalam SE Menhub,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu (23/10/2021).

Untuk mendukung penerapan ketentuan baru tersebut manajemen Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan beberapa hal. Antara lain menyediakan fasilitas tes RT-PCR di Airport Health Center di Terminal 3 dan Terminal 2.

Di setiap terminal tersedia layanan walk-in service (calon penumpang langsung datang ke lokasi), lalu pre-order service (calon penumpang melakukan reservasi terlebih dahulu di antaranya melalui aplikasi traveling), kemudian drive thru service.

“Airport Health Center dioperasikan oleh mitra yang memiliki kompetensi di bidang tersebut,” kata Awaluddin memastikan. (itn)

BACA JUGA:  Penyelenggara Negara dan Pegawai Negeri Diingatkan Tak Terima Gratifikasi saat Imlek