Disperindag Denpasar Siap Optimalkan Peran Pasar Rakyat

Disperindag Denpasar mengadakan rapat koordinasi dengan OPD terkait di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar, Senin (18/10/2021) (FOTO : hms)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar dan Forum Pengelola Pasar Desa (FPPD) Kota Denpasar sepakat untuk mengoptimalkan peran pasar rakyat untuk meningkatkan revitalisasi fisik, manajemen, ekonomi, dan sosial.

Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar mengadakan rapat koordinasi dengan mengundang OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar, Senin (18/10/2021).

Kadis Disperindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, mengatakan rapat koordinasi bertujuan untuk menggali potensi dan inovasi di pasar rakyat yang nantinya dapat dicantumkan di dalam Perjanjian Kerja Sama. Selain itu, rapat ini bertujuan menyatukan komitmen untuk mencapai tujuan bersama yaitu penguatan dan pemberdayaan pasar rakyat.

Dari hasil rapat yang dilakukan, Sri Utari mengaku telah disepakati bahwa kinerja pengelola pasar lebih dioptimalkan dan meningkatkan pelayanan pedagang pasar kepada konsumen. Untuk mencapai semua itu diperlukan pelatihan, sosialisasi, dan Focus Group Discussion (FGD).

Selain itu menurutnya, dalam keberhasilan pengelolaan pasar rakyat di dalamnya juga diperlukan pemfasilitasan Perumda Pasar Sewakadarma dengan Forum Pengelola Pasar Desa. “Agar peran pengelolaan pasar dalam mengedukasi pedagang sehingga nantinya taat melaksanakan tera dan tera ulang,” ujar Sri Utari.

Dari rapat koordinasi ini diharapkan Ketua Forum Pasar Desa juga mengadakan pertemuan untuk menyinergikan rencana-rencana kegiatan agar Program Pasar Rakyat dapat diselaraskan dengan program maupun kegiatan dari perangkat daerah. (*/red)

BACA JUGA:  Di Tengah Pandemi Covid-19, Gubernur Koster Lepas Ekspor Kakao Fermentasi 10 Ton ke Jepang