Gubernur Koster: 20 Ribu Wisman Sudah Booking Hotel di Bali pada November 2021

Gubernur Bali, Wayan Koster. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, sekitar 20 ribuan wisatawan mancanegara (wisman) telah memesan atau booking hotel di Bali pada November 2021. Mereka didominasi wisatawan dari negara-negara Eropa.

“Negara yang banyak kemarin (booking hotel), Cina, India, Jepang, Korea Selatan, kemudian Italia, Prancis, Spanyol, Swedia Polandia, Hungaria, Norwegia.  Jumlahnya cukup banyak,  ribuan,” ujar Koster saat konferensi pers di Terminal Kedatangan Internasional, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (14/10/2021).

Sementara itu, terkait keluhan pelaku wisata dan hotel terkait lamanya karantina hingga lima hari bagi wisman, Koster menyebutkan, setiap negara memiliki aturan masing-masing untuk kedatangan turis asing. Dia menilai kebijakan karantina di Indonesia sudah sangat ringan.

“Pada saat itu yang beredar karantinanya 8 hari, sekarang malah diturunkan menjadi 5 hari. Jadi, saya kira sudah meringankan dan memang juga tiap negara punya aturan sendiri-sendiri. Yang Indonesia menurut saya 5 hari cukup moderat tidak terlalu memberatkan,” ujarnya.

“Warga kita habis berkunjung ke luar negeri balik Indonesia sampai di Jakarta kan 8 hari karantina. Tapi sekarang sudah 5 hari, dan ini sekaligus juga untuk memastikan yang datang itu adalah wisatawan yang berkualitas,” demikian Koster. (tik)

BACA JUGA:  Angka Kasus Positif Covid-19 di Bali Kembali Meroket, Total Sudah 976 Orang