Memasuki Musim Hujan, Personel Korem Diminta Waspadai Demam Berdarah

Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Sebagian wilayah Bali dalam beberapa waktu terakhir turun hujan ringan hingga lebat. BMKG menyebut kondisi ini dikarenakan Bali telah memasuki peralihan musim.

“Satu hal yang tidak bisa dikesampingkan di saat musim hujan datang adalah wabah musiman berupa demam berdarah,” terang Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, Selasa (12/10/2021) di Denpasar.

Menurutnya, jenis penyakit ini tidak bisa dianggap sepele jika tidak dilakukan antisipasi atau penanganan dengan baik mulai dari tindakan pencegahan sampai dengan pengobatannya.

Oleh karenanya kata Kapenrem, untuk mencegah hal ini terjadi seluruh personel Korem 163/Wira Satya diminta waspada.

Mayor Bagus menerangkan, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan tindakan pencegahan (preventif) berupa 3M.

Yakni menguras tempat-tempat penampungan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk aedes aegypti.

Menutup rapat-rapat tempat penampungan air, seperti drum, tandon air dan tempat lainnya yang memungkinkan nyamuk tersebut berkembang biak dan bersarang.

“Juga menimbun barang-barang bekas yang memungkinkan atau berpotensi menampung air dan selanjutnya nyamuk dapat berkembang biak,” jelasnya.

“Lebih dari semua hal di atas adalah bagaimana kita semua dapat menjaga kondisi lingkungan dengan baik dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata Kapenrem. (agw)

BACA JUGA:  Update Covid-19 di Denpasar, Pasien Sembuh Bertambah 19 Orang, Positif 20, Meninggal 1