Kembangkan Ekonomi Kreatif, Pemkot Denpasar Gelar Lokakarya Animation Skill Building

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara (tengah), bersama Wawali Arya Wibawa (kiri), dan Sekda Denpasar, IB Alit Wiradana. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Kota Denpasar terus dilakukan Pemkot Denpasar salah satunya dengan pelaksanaan lokakarya Animation Skill Building yang merupakan implementasi dari MOU Sister City antara Kota Denpasar dengan Kota Perth Australia Tahun 2021.

Kegiatan ini merupakan sebuah terobosan usaha inovasi pemulihan perekonomian bagi kota Denpasar serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia Kota Denpasar dalam melahirkan bakat-bakat yang siap mandiri serta memiliki daya cipta, seni, dan kreasi tinggi.

Turut hadir Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, bersama Wawali Arya Wibawa, Sekda Denpasar, IB Alit Wiradana, Konjen RI di Perth, Listiana Operananta, serta Konsul Jenderal Australia di Bali, Anthea Grifin, yang terhubung secara daring, Senin (11/10/2021).

Wali Kota Jaya Negara menyampaikan kegiatan lokakarya onlinemasterclass Animation Skill Building merupakan upaya dari dua kota yang menjalin hubungan kerja sama dan adanya keinginan untuk saling berkolaborasi guna mencapai visi dan misi pembangunan sebagai hubungan kerja sama kedua negara yakni Indonesia dengan Australia dalam IACEPA.

“Kegiatan di masa pandemi ini sebagai langkah terobosan pengembangan ekonomi kreatif menjadi sebuah inovasi pemulihan ekonomi bagi Kota Denpasar,” ujarnya.

Sementara Listiana Operananta menyampaikan kegiatan ini guna mewujudkan tonggak kemajuan sehingga lokakarya ini menandai keterlibatan kolaboratif kedua kota yang berkelanjutan dalam mendukung pengembangan ekosistem ekonomi kreatif, melalui pertukaran ketrampilan dan pengetahuan di bidang yang sangat praktis dan dibutuhkan saat ini.

Senada dengan Listiana Operananta, Anthea Grifin menyampaikan dalam jangka panjang, pihaknya mengharapkan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai hasil dari lokakarya hari ini akan menciptakan ekositem ekonomi kreatif yang lebih kuat di kedua kota karena aset utama ekonomi kreatif itu adalah sumber daya manusianya.

BACA JUGA:  Jaga Perekonomian Bali, OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Keuangan

Kegiatan berlangsung aktif dengan pembicara pembicara dari North Metropolitan TAFE, Tanya Beeson dan Ilustrator kreatif Denpasar, Monez yang merupakan pembicara yang ahli di bidang animasi dan ilustrator. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa SMKTI Global, Start UP, Stimik Primakara, Kadin Kota Denpasar, dengan total peserta 123 orang. (tik)