Jokowi Harapkan Model Mangrove THR Ngurah Rai Jadi Program Rehabilitasi Mangrove Provinsi Lain

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat meninjau model rehabilitasi mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Jumat (8/10/2021). (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bali dalam rangka kunjungan kerja, Jumat (8/10/2021) pagi. Setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju Taman Hutan Raya (THR) Ngurah Rai untuk meninjau pelaksanaan penanaman mangrove.

“Baru saja saya meninjau mangrove forest di Bali, yang dibangun sejak tahun 2003. Ini merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove di negara kita yang memadukan untuk pendidikan, edukasi, pariwisata dan juga untuk penguatan ekonomi masyarakat,” kata Kepala Negara.

Jokowi menginginkan, model rehabilitasi mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, untuk direplikasi atau dikopi untuk program rehabilitasi mangrove di propinsi lain di Tanah Air.

“Ini akan terus dilakukan di kawasan pesisir untuk memulihkan, melestarikan, kawasan hutan mangrove kita dan juga mengantisipasi dan memodifikasi dari perubahan iklim dunia yang terus dan akan terjadi,” jelasnya.

Presiden berharap, melalui penanaman mangrove ini bisa mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air dan memperbaiki kualitas lingkungan baik lingkungan pesisir maupun habitat di daerah pantai.

Selain itu Jokowi berharap nantinya ada peningkatan baik dari produksi ikan maupun hasil laut lainnya utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove, dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Ini akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin-peminpin KTT G20 tahun depan,” ujar Presiden.

Presiden juga diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Bali yang digelar di Gedung Wisma Sabha Utama, Kompleks Kantor Gubernur Bali.

BACA JUGA:  Klungkung Perketat Penyeberangan ke Nusa Penida Saat New Normal

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Bali, Presiden Jokowi meninjau sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022 mendatang. Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan akbar tersebut. (sdn)