Disdik Gianyar Gelar Sosialisasi Penjaminan Mutu PAUD

Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu PAUD Tahun 2021.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Sebagai bentuk perhatian pemerintah guna mendukung lahirnya generasi emas bangsa, Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu PAUD Tahun 2021. Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya bertempat di Hotel Gianyar, Jumat (8/10/2021).

Kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan selama satu hari pada 8 Oktober 2021 dengan tetap mematuhi prokes Covid-19 yang ketat, diikuti 25 orang peserta satuan PAUD yang tersebar di 7 kecamatan se-Kabupaten Gianyar.

Tampil sebagai narasumber antara lain dari BPPAUD, BAN PAUD, dan Asesor PAUD serta seorang Operator Dapodik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar. Adapun sumber dana berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ketua Panitia Kegiatan Sosialisasi I Made Sunata mengatakan, penjaminan mutu yang ada di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan disebut sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). SPMI mencakup seluruh aspek penyelenggara pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya untuk mencapai satuan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sistem penjaminan mutu ini dievaluasi dan dikembangkan secara berkelanjutan, serta ditetapkan oleh satuan PAUD untuk dituangkan dalam pedoman pengelolaan satuan PAUD. “Pengembangan satuan PAUD terus ditingkatkan guna dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik sesuai dengan delapan (8) Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan dalam Permendikbud No.71 Tahun 2021,” kata Made Sunata.

Adapun sasaran sosialisasi penjaminan mutu PAUD merupakan satuan PAUD yang tersebar di tujuh kecamatan se-Kabupaten Gianyar yang akan mengikuti akreditasi, yang diwakili oleh 25 orang dari lembaga PAUD yang ada.
I Made Sunata menambahkan, tujuan dari sosialisasi penjaminan mutu PAUD adalah sebagai acuan pengelola lembaga satuan PAUD dalam penilaian mutu PAUD, juga sebagai acuan bagi tenaga pendidik dalam memenuhi standar yang sudah ditetapkan, dan sebagai barometer untuk mencapai raport mutu pendidikan di Kabupaten Gianyar.

BACA JUGA:  Nelayan di Denpasar Temukan Mayat Bayi Terbawa Arus Sungai

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya mengatakan, sosialisasi penjaminan mutu PAUD merupakan bagian yang harus dilakukan, dikarenakan sebagai dasar penjaminan mutu bagi guru di jenjang PAUD serta sebagai kelengkapan data di dapodik. “Makanya akreditasi itu penting sekali,” ujar Made Suradnya.

Dari 25 orang yang mengikuti sosialisasi, nantinya akan meneruskan ke masing-masing lembaga PAUD yang tersebar di kecamatan di Gianyar, terutama dalam melengkapi data-data yang ada sebagai penunjang akreditasi. “Jadi data-data dan lainnya harus diisi, guna menuju PAUD yang bermutu dan sesuai standar,” kata Made Suradnya.

Ia mengaku bersyukur ada bantuan dari pusat senilai Rp35 juta untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi penjaminan mutu PAUD kali ini.
“Kegiatan ini sebagai penggerak, sebagai motivator, sebagai penyebarluasan informasi dan membantu teman-teman yang belum paham. Makanya sosialisai penjaminan mutu ini dikhususkan untuk teman-teman ini, jadi tolong dipahami dan dimengerti,” ucap Made Suradnya, menandaskan.(yes)