Belum Ditemukan, Tim SAR Gabungan Kerahkan Dua Unit Alut SAR Cari Nelayan yang Jatuh saat Melaut

Peralatan yang dikerahkan tim SAR untuk mencari nelayan yang jatuh saat melaut. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Tim SAR gabungan melanjutkan upaya pencarian terhadap nelayan I Wayan Koti Arta (53) yang dilaporkan jatuh dari perahu saat mencari ikan di Perairan Bunutan, Karangasem, Rabu (6/10/2021).

“Kami kembali melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan mengerahkan dua unit alut SAR laut,” kata Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana, Kamis (7/10/2021) di Karangasem.

“Alat tersebut di antaranya satu unit Rigid Inflatable Boat dari Basarnas dan satu unit Rubber Boat dari BPBD Kabupaten Karangasem,” sambungnya.

Tim SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian terdiri dari Basarnas Pos SAR Karangasem, Direktorat Polairud Polda Bali, Polres Karangasem, BPBD Kabupaten Karangasem, SPKKL Bakamla Bali.

Pos AL Candidasa, Babinkamtibmas, Babinsa Bunutan, kelompok nelayan dan masyarakat setempat yang dibagi menjadi 3 SRU Laut (Search Rescue Unit).

SRU pertama melakukan penyisiran ke arah tenggara sejauh 21 NM menggunakan Rigid Inflatable Boat 5,4 meter milik Basarnas. Kemudian SRU kedua menggunakan Rubber Boat dari BPBD Kabupaten Karangasem melaksanakan pencarian sejauh 2,7 NM ke arah timur dari bibir pantai.

“Untuk SRU ketiga bergerak dari Pos Unit Siaga Basarnas di Nusa Penida Menggunakan satu unit Rigid Inflatable Boat 12 meter, bergerak menyisir dari nusa penida menuju arah utara sejauh 21 NM,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada mengungkapkan bahwa penambahan pergerakan SRU dari Nusa Penida agar memudahkan pencarian terhadap korban.

“Dari aplikasi SAR MAPS yang kita gunakan kemungkinan korba terbawa arus menuju arah tenggara karangasem, jadi kita tambahkan satu unit RIB untuk melakukan pencarian dari Nusa Penida,” terangnya.

BACA JUGA:  Meski Memasuki Musim Kemarau, Wilayah Bali Masih Berpotensi Turun Hujan

Dijelaskan, cuaca saat ini sangat mendukung sehingga proses pencarian oleh tim SAR gabungan berjalan lancar.

“Hingga saat ini upaya pencarian dan pertolongan masih berlangsung. Semoga target segera ditemukan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, korban yang merupakan warga Banjar Dinas Banyuning, Kelurahan Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem ini awalnya berangkat melaut bersama anaknya, Kadek Sumitra (31), Rabu (6/10/2021) sekitar pukul 04.00 Wita.

Di tengah laut cuaca tiba-tiba buruk dan korban jatuh dari perahu sekitar pukul 05.00 Wita. Anak korban berusaha menolong namun saat itu korban sudah tenggelam. (agw)