Awalnya Disangka Pingsan, Pria Malang Ini Meninggal di Atas Pohon Kelapa

Petugas sempat memberi pertolongan kepada korban sebelum dievakuasi. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Seorang pria bernama I Nyoman Sumatra (48) meninggal dunia di atas pohon kelapa di Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali.

“Awalnya kami mengira korban hanya pingsan, namun setelah diperiksa oleh tim medis dari Puskesmas Desa Selat, korban dinyatakan meninggal dunia,” terang Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, Jumat (8/10/2021) di Denpasar.

Sebelumnya korban diketahui memanjat pohon kelapa setinggi kurang lebih 10 meter yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya sekitar pukul 08.00 Wita.

Namun setelah satu jam tak kunjung turun, istri korban Ni Wayan Ranis yang saat itu berada di lokasi kemudian memberitahu pihak keluarga.

“Setelah itu istri korban menghubungi Pos SAR Karangasem untuk meminta bantuan,” ucap Darmada.

Kantor Basarnas yang menerima laporan mengerahkan tim rescue beserta peralatan menuju lokasi kejadian.

Untuk menurunkan korban, keponakannya naik untuk mengikatkan tali ke tubuh korban. Kemudian tim rescue naik menggunakan ascend mechanical system.

“Saat itu posisinya duduk di pelepah. Setelah itu korban diturunkan dengan cara menggunakan system lowering. Saat,” jelasnya.

Darmada menyatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui penyebab meninggalnya korban karena hanya diminta membantu proses evakuasi.

“Kita hanya diminta bantuan evakuasi dan tidak mengetahui penyebab kematian korban. Tadi atas permintaan keluarga, korban langsung dibawa menuju rumah duka,” kata Darmada. (agw)

BACA JUGA:  Animo Masyarakat Ikuti Vaksinasi Tinggi, Pemprov Bali Perbaiki Sistem Layanan