Program Antar-Jemput Pasien Melayani 1.500 Warga Karangasem

Bupati Karangasem Gede Dana saat melaunching program antar jemput pasien baru-baru ini. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Program pelayanan antar-jemput pasien yang digagas Bupati Dana beberapa bulan lalu hingga kini tercatat telah memberikan pelayanan kepada lebih dari 1.500 orang pasien di berbagai pelosok Kabupaten Karangasem.

“Melihat pasien yang sudah terlayani sejak tiga bulan ini jumlahnya lumayan banyak, mencerminkan bahwa program yang kita gelontorkan ini semakin diminati oleh masyarakat dan sangat dirasakan manfaatnya,” kata Bupati Dana saat menggelar rapat evaluasi terkait Program Antar-Jemput Pasien yang digelar di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Kamis (7/10/2021).

Meskipun demikian, Bupati Dana menyebutkan program antar-jemput pasien tersebut masih perlu untuk disempurnakan lagi. Seperti pada petugas call centre 119 yang saat ini baru menyediakan seorang petugas di masing-masing dusun.

Untuk mengatasi hal itu, lanjut Bupati Dana, pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan Karangasem untuk menambah petugas call center di setiap dusun, maksimal menjadi 5 orang.

“Ini yang selalu menjadi keluhan selama pelaksanaan program antar-jemput pasien. Saya memaklumi, karena petugas yang ada memang masih terbatas. Sedangkan untuk fasilitas mobil semuanya sudah bagus,” katanya, menjelaskan.

Menyikapi semakin meningkatnya animo masyarakat dalam menggunakan layanan antar-jemput pasien tersebut, Bupati Dana berencana mengembangkan rayon dari 6 yang kini ada menjadi 8 rayon.

“Pengembangan ini rencananya akan kita laksanakan tahun depan. Rayon Bebandem yang masih bergabung dengan Rayon Karangasem akan berdiri sendiri, begitu juga Rayon Selat-Sidemen masing-masing akan menjadi satu rayon,” ucap mantan Ketua DPRD Karangasem itu, menandaskan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, sebanyak 1.500 lebih warga yang sudah terlayani oleh program antar-jemput pasien tersebut ditangani oleh 6 rayon, yakni Rayon Kecamatan Karangasem-Bebandem, Abang, Kubu, Selat-Sidemen, dan Rayon Kecamatan Manggis.

BACA JUGA:  Gede Dana Serap Aspirasi Warga Terdampak Covid-19

“Per harinya pasien yang bisa dilayani antara 1 sampai 3 oran. Kalau dalam satu bulan rata-rata pasien yang dilayani sebanyak 550 orang,” kata Putra Pertama.

Seperti diketahui, Pemkab Karangasem menyiapkan sebanyak 22 unit kendaraan plat merah dalam program antar-jemput pasien tersebut. Sedangkan petugas pelayan kesehatan yang disediakan sebanyak 84 orang. Rinciannya 28 tenaga paramedis, 30 tenaga pendamping dan 24 orang tenaga sopir yang tersebar di 6 rayon, ujarnya.(knk)