Sempat Dikabarkan Hilang saat Mendaki Gunung Agung, Pendaki Asal Jakarta Ditemukan Kelelahan Akibat Cuaca Buruk

Pendaki asal Jakarta yang sempat dikabarkan hilang mendaki Gunung Agung akhirnya ditemukan petugas SAR. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Seorang pendaki bernama Inaqi Kalingga Eka Putra (24) asal Jakarta ditemukan petugas SAR gabungan setelah sebelumnya dikabarkan hilang saat mendaki Gunung Agung, Karangasem.

“Yang bersangkutan ditemukan tadi sekitar pukul 09.30 Wita di Pos 1 Seming Kembar pada ketinggian 1.700 MDPL,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada, Selasa (5/10/2021) di Denpasar.

Sebelumnya korban mendaki Gunung Agung bersama dua rekannya yaitu Kadek Ngetis Juliawan (26) asal Banjar Dinas Rendang Tengah dan Desta Dharma asal Tabanan, Minggu siang (3/10/2021) sekira pukul 14.00 Wita.

Esok harinya, Senin (4/10/2021) sekitar pukul 16.00 Wita, ketiganya mulai turun dari puncak. Karena cuaca yang buruk, Inaqi tertinggal oleh dua rekannya.

Karena kelelahan, Inaqi kemudian menghubungi pemandu lokal atau porter untuk meminta bantuan. Enam orang porter yang naik bertemu dua rekan Inaqi di atas Pos 1, Selasa (5/10/2021) sekitar pukul 02.00 Wita.

Setelah itu, empat porter mencari keberadaan Inaqi sedangkan yang dua porter membawa dua pendaki lainnya turun.

Namun hingga pukul 03.00 Wita korban belum juga ditemukan, keempat porter memutuskan untuk turun dan mengganti dengan porter baru.

“Barulah pukul 09.30 Wita, tiga orang porter berhasil menemukan posisi target. Di sana tim Basarnas melalui Pos SAR Karangasem kemudian ikut menjemput dan membawanya turun,” jelasnya.

Setelah dicek kesehatannya, pria asal Jakarta ini dibawa menuju Polsek Rendang untuk dimintai keterangan. (agw)

BACA JUGA:  Wali Kota Denpasar Inisiasi Gerakan Penggunaan Masker dan Penerapan PHBS.