PMI Gianyar Targetkan 1.000 Kantong Darah Terkumpul Setiap Bulan

PMI Gianyar saat melaksanakan bakti sosial donor darah di Banjar Pande Desa Sumita. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Kebutuhan darah bagi pasien di Kabupaten Gianyar setiap bulannya berkisar antara 650 hingga 700 kantong, namun PMI setempat menargetkan 1.000 kantong terkumpul biar aman.

 

“Jadi kami targetkan 1,000 kantong darah terkumpul setiap bulannya. Jika terjadi surplus, kami telah menjalin kerja sama dengan kabupaten lain,” kata Ketua PMI Gianyar Ni Made Ratnadi saat melaksanakan bakti sosial donor darah di Banjar Pande Desa Sumita, Minggu (3/10/2021).

Ia menyebutkan, hingga saat ini stok darah di PMI Gianyar masih sangat aman. Darah dengan golongan AB masih tersedia, begitu pula dengan golongan O lebih dari 100 kantong.
Ketua PMI Ratnadi mengapresiasi animo masyarakat yang semakin tinggi untuk melakukan donor darah. Untuk itu, Ratnadi mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada para pendonor yang telah melaksanakan donor darah secara rutin.

“Belakangan animo masyarakat untuk mendonor semakin tinggi, karena donor selain sebagai bentuk yadnya, juga baik untuk kesehatan. Hari ini saya memberikan penghargaan kepada para pendonor yang secara rutin mendonorkan darahnya,” ucapnya.

Para pendonor yang diberi pengharagaan ada yang telah mendonor sebanyak 10 kali, 25 bahkan 50 kali, kata politikus PDI Perjuangan di Gianyar itu.
Menurutnya, donor darah merupakan aktualisasi dari keikhlasan yadnya karena pendonor menyumbangkan darahnya dengan suka rela tanpa mengharapkan terima kasih ataupun imbalan.

 

“Donor ini sebenarnya yadnya tertinggi, karena kita memberikan darah kita yang nantinya diberikan kepada siapa kita tidak tahu. Kita tidak mengharapkan ucapan terima kasih apalagi imbalan,” ujarnya.

Di samping beryadnya, donor darah juga sangat baik untuk kesehatan seperti deteksi dini penyakit yang ada dalam diri, serta untuk memicu terjadinya regenerasi darah.

BACA JUGA:  Mr X Tewas di Tempat Setelah Alami Lakalantas di Jalan Teuku Umar

Di usia ke-76 tahun yang bertepatan tanggal 3 Oktober kali ini, PMI hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga di bidang kesehatan, khususnya pemenuhan kebutuhan darah.

“Kami ingin di usia ke-76 tahun terus belajar guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ucap Ratnadi, menandaskan.
Bakti sosial donor darah serangkaian HUT ke-76 PMI tahun ini dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Banjar Pande Desa Sumita dan Kantor Desa Pejeng Kawan. PMI juga hadir memberikan bantuan kepada Yayasan Senang Hati seraya melaksanakan peringatan HUT PMI secara sederhana.(yes)