Presiden Jokowi: Pancasila Memandu Kita Hadapi Berbagai Tantangan Zaman

Presiden Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Pondok Gede. (FOTO : istimewa)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dihari kesaktian Pancasila kali ini mengingat peristiwa kelam yang terjadi di negeri ini. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam akun twitternya @Jokowi.

“Hari Kesaktian Pancasila kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini,” kata Jokowi, Jumat(1/10/2021).

Menurut Jokowi, momen kali ini mengingatkan Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan. Dia juga menjelaskan Pancasila memandu seluruh masyarakat untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan setiap zaman.

“Sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan. Pancasila memandu kita menghadapi berbagai bentuk tantangan di setiap zaman,” ungkapnya.

Terlihat Presiden Jokowi hadir di Lapangan Monumen Pancasila Sakti, Pondok Gede, Jakarta Timur dengan mengenakan masker dan stelan jas lengkap. Jokowi pun masuk ke lapangan upacara bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga mengenakan masker.

Dari pantauan terlihat sejumlah pejabat telah hadir sekitar pukul 7.54 WIB.Mulai dari Ketua DPR Puan Maharani,Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattaliti, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Upacara dibuka oleh laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara yaitu Presiden Jokowi.

“Laksanakan,” tegas Jokowi membuka jalannya upacara di Lapangan Monumen Pancasila, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021).

Acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dimulai pukul 08.00 WIB. (*/itn)

BACA JUGA:  Jadi Inspektur Upacara HUT RI, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung