Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Persiapan PON XX Papua

Panglima TNI dan Kapolri saat meninjau persiapan PON XX. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung pembukaan PON XX, yang bertempat di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). Peninjauan gladi bersih ini dilakukan bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan tersebut, Hadi menyampaikan, acara gladi pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX secara sistematis urutan acara semuanya telah disiapkan oleh panitia pemerintah Provinsi Papua dengan baik termasuk urut-urutan pembukaan pada 2 Oktober 2021.

Selain itu, ia menyebut, dari sisi kelancaran di venue akan dilaksanakan kolaborasi antara TNI-Polri.

“Panitia dan relawan agar kegiatan pertandingan nantinya bisa berjalan dengan lancar baik di Venue yang ada di Jayapura, venue yang ada di Merauke dan venue yang ada di Mimika,” kata Hadi, Selasa (28/9/2021).

“Semuanya sudah disimulasikan dan kami berharap, bahkan kita semua berharap dalam pelaksanaan kegiatan ini mulai dari pembukaan, jalannya pertandingan PON XX ini semuanya diberikan kelancaran,” sambungnya.

Dalam persiapan pelaksanaan PON XX TNI-Polri juga telah menyiapkan serbuan percepatan vaksinasi bagi masyarakat, karena nantinya untuk menonton langsung perhelatan akbar ini harus telah melaksanakan vaksinasi tahap kedua.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, pengamanan yang dilakukan oleh personel TNI-Polri sudah berjalan dengan baik. Pasalnya, aparat sudah bersiaga di tempat-tempat yang telah ditentukan guna menjamin keamanan pesta olahraga dalam negeri itu.

“Tentunya kami harapkan dengan adanya personel pengamanan yang sudah masuk dari mulai ring 1 sampai 4 diharapkan seluruh kegiatan pengaman PON berjalan aman, lancar dan baik,” ujar Sigit.

Selain pengamanan gangguan kamtibmas, mantan Kabareskrim Polri ini juga mengingatkan soal pentingnya menjaga kesehatan bagi masyatakat. Diantaranya adalah percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) di tengah pelaksanaan PON tersebut.

BACA JUGA:  Adaptasi Kebiasaan Baru, Kapolda Inisiasi Kejuaraan Tenis Meja

Mengingat, syarat untuk bisa menonton langsung pertandingan, masyarakat sudah harus mendapatkan suntikan vaksin.

“Kemudian imbauan kami terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan kepada penonton hadir 25 persen kapasitas venue untuk penonton yang hadir telah vaksin 2 kali. Kami bersama Panglima telah membuka gerai vaksin di 4 wilayah venue dan diharapkan ini bisa direspon,” jelasnya.

“Sehingga masyarakat selain proses vaksinasi berjalan dengan baik peluang untuk menonton karena merupakan persyaratan itu betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik,” sambungnya.

Oleh sebab itu, Sigit mengajak kepada masyarakat untuk segera datang ke gerai vaksinasi yang telah disediakan oleh TNI-Polri. Dengan begitu, pelaksanaan PON ke-XX dapat berlangsung dengan aman dari gangguan kamtibmas dan mencegah lonjakan pertumbuhan Covid-19. (itn)